Flow Transaksi Perusahaan Provider Internet Memakai Easy 6 Part 1

Easy System adalah software akuntansi paket lengkap yang cocok digunakan untuk berbagai macam jenis usaha yang ada di Indonesia. Salah satu jenis usaha yang dapat didukung secara maksimal dengan Easy System adalah provider internet. Semua flow transaksi perusahaan provider internet dapat dilakukan dengan mudah dengan Easy 6.

Berikut adalah pembuktian bahwa Easy 6 dapat dipakai untuk melakukan semua transaksi di perusahaan provider internet. Mari kita bahas transaksi dan langkah per langkahnya.

Transaksi Perusahaan Provider Internet dengan Easy 6

1. Langkah pertama sebelum ke transaksi adalah membuat barang apa saja yang akan dipakai di perusahaan provider internet tersebut. Untuk membuat barang Anda bisa klik Modul Utama lalu pilih Peresediaan kemudian klik Barang, setelah itu klik Baru untuk membuatnya. Di bawah ini adalah barang-barang yang telah dibuat untuk provider internet tersebut.

transaksi perusahaan provider internet dengan easy 6 - 1

2. Untuk lebih memudahkan, pengguna bisa memakai fitur pengelompokan barang. Di contoh di bawah yang dibuat grouping atau pengelompokan barang dengan nama Hardware Fee (Beli) dengan 2 barang yaitu Router Wifi dan Kabel Jaringan. Pengguna bisa memasukkan beberapa barang sekaligus ke dalam grouping ini.

transaksi perusahaan provider internet dengan easy 6 - 2

3. Selanjutnya masuk ke transaksi, yang pertama adalah transaksi pembelian. Langsung saja ke menu Faktur Pembelian dan tambahkan pemasok dan barang apa saja yang akan dibeli beserta jumlahnya. Terakhir jangan lupa klik Simpan.

transaksi perusahaan provider internet dengan easy 6 - 3

4. Setelah membuat faktur pembelian lakukan pelunasannya di Pembayaran Pembelian. Pilih vendor yang tadi digunakan yaitu PT Indonesia Hardware kemudian akan keluar jumlah yang harus dibayarkan. Beri tanda ceklis (v) di kolom Bayar kemudian klik Simpan dan Keluar.

transaksi perusahaan provider internet dengan easy 6 - 3

5. Selanjutnya misalnya ada penjualan barang di perusahaan provider internet, bisa langsung dibuat di Faktur Penjualan. Pilih Pelanggan terlebih dulu kemudian jangan lupa isi No. Faktur kemudian pilih barang apa saja yang akan dijual beserta kuantitasnya, terakhir klik Simpan dan Keluar.

transaksi perusahaan provider internet dengan easy 6 - 4

6. Karena ada barang yang dijual tentu ada uang yang masuk ke perusahaan. Transaksi tersebut bisa dibuat di Penerimaan Penjualan kemudian pilih Pelanggan yang tadi otomatis akan keluar berapa jumlah yang harus dibayar oleh pelanggan. Beri tanda ceklis (v) dengan klik pada kolom Bayar kemudian klik Simpan dan Keluar.

transaksi perusahaan provider internet dengan easy 6 - 5

7. Perusahaan provider internet tidak hanya menjual ke perusahaan saja mereka menjual layanan mereka dan menyewakan perangkat ke perorangan. Pilih Pelanggan misalnya Pak Irfan kemudian pilih layanan, jasa, dan alat yang disewa kemudian klik Simpan.

transaksi perusahaan provider internet dengan easy 6 - 6

8. Untuk menerima pembayaran dari Pak Irfan bisa langsung ke Penerimaan Penjualan. Pilih Pak Irfan di kolom Pelanggan kemudian ceklis di kolom Bayar kemudian klik Simpan.

transaksi perusahaan provider internet dengan easy 6 - 7

 

9. Karena tadi ada barang yang keluar karena disewa oleh pelanggan maka perlu memindahkan barang tersebut. Aktivitas tersebut bisa dilakukan di modul persediaan kemudian pilih Pindah Barang. Isi NoTransfer kemudian pilih kolom Dari misalnya Gudang Centre kemudian kolom Ke diisi Pelanggan, isi deskripsi jika perlu. Pilih barang apa saja yang akan dipindahkan kemudian klik Simpan dan Keluar.

10. Pada gambar di bawah bisa kita lihat bahwa Router Wifi di Gudang Centre berkurang 1 kuantitasnya karena telah pindah 1 pcs ke Pelanggan saat melakukan pindah barang tadi.

11. Jika ada biaya beban lain bisa dibayarkan dari Pembayaran lainnya misalnya saja ada Biaya Bahan Bakar/Parkir dan Biaya Makan. Ikuti contoh gambar berikut ini.

12. Setelah tadi ada beberapa transaksi penjualan, kita bisa lihat laporannya. Misalnya laporan penjualan per pelanggan. Caranya klik Laporan pilih Semua Laporan kemudian klik Laporan Penjualan kemudian dobel klik laporan penjualan per pelanggan, hasilnya bisa dilihat di gambar di bawah.

13. Kita juga bisa lihat laporan laba rugi dari seluruh transaksi yang tadi dilakukan. Caranya sama seperti di atas, hanya saja kita klik di Laporan Penjualan lalu dobel klik di laporan laba rugi (standar), hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Itu tadi cara melakukan transaksi-transaksi di perusahaan provider internet hingga sampai ke laporannya. Sangat mudah dilakukan bukan? Untuk transaksi lain di perusahaan internet akan kami bahas di bagian 2. Untuk itu, ikuti terus situs ini. Versi lengkap dari flow transaksi di atas bisa dilihat dalam bentuk video bisa dilihat di channel YouTube resmi Easy Accounting System dan bagian akhir artikel ini. Atau jika ingin melihat bagaimana flow transaksi di perusahaan lain bisa kunjungi solusieasy.co.id.

Bagi yang belum memakai software easy System segera gunakan software ini sebab banyak sekali manfaat di dalamnya. Jika Anda tertarik untuk melakukan trial/download software kami atau ingin mencari info lanjut silakan hubungi tim marketing kami di nomor 0838 7717 7119.