Tips Mempertahankan Bisnis UKM di Saat Corona

Wabah virus Corona membuat banyak perusahaan terkena dampak negatif. Dampak ini juga turut dirasakan oleh UKM yang ada di Indonesia. Agar UKM tidak makin terpuruk, tentu pemilik harus mengambil beberapa keputusan dan perubahan. Berikut ini adalah beberapa langkah dan tips mempertahankan bisnis UKM di tengah pandemi Corona yang bisa Anda terapkan.

1. Manfaatkan Marketplace

Saat ini orang lebih banyak berada di rumah untuk mematuhi aturan yang dibuat oleh pemerintah. Hal ini tentu mempengaruhi pola pembelian masyarakat yang akan lebih memilih untuk berbelanja secara online di marketplace. Untuk itu, pelaku UKM harus mempunyai toko resmi di beragam marketplace yang ada.

Tidak cuma sekadar punya saja, produk dan toko yang dimiliki harus rajin dipromosikan. Manfaatkan promosi yang mudah dan murah, misalnya saja lewat chat dan status WhatsApp atau memaksimalkan penggunaan media sosial dengan postingan atau story yang menarik.

2. Gencarkan Promosi Lewat Media Sosial

Media sosial yang dikelola dengan serius dan terencana bisa menjadi promosi murah namun sangat efektif bagi UKM. Maka, rencanakan apa yang akan diunggah, buat katalog produk secara menarik dan kreatif, dan buat jadwal untuk mengunggahnya secara konsisten. Dan jangan lupa untuk membuat akun media sosial menjadi akun untuk bisnis.

Jika Anda belum atau kurang memahami media sosial, Anda bisa belajar kepada rekan yang lebih paham. Atau bisa juga dengan melihat tutorial di YouTube atau membaca tipsnya di website.

3. Cari Info tentang Kebijakan Terkait UKM Terdampak Covid 19

Lewat Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Pemerintah tengah mendata dampak ekonomi Covid 19 terhadap UKM. Anda bisa turut berpartisipasi dalam program ini. Paling tidak Anda tahu informasi dan kebijakan yang diambil Pemerintah. Sering kunjungi juga situs Kementerian KUKM, apakah ada bantuan atau arahan yang diberikan untuk UKM yang ada di Indonesia.

4. Beri Informasi yang Jelas kepada Pelanggan

Wabah virus Corona memaksa sejumlah bisnis menerapkan kebijakan yang berbeda dengan sebelumnya. Misalnya saja restoran atau warung makan yang tidak bisa melayani makan di tempat dan hanya bisa take away. Atau toko yang mengambil kebijakan hanya melayani pembelian online.

Jika usaha Anda mengambil kebijakan yang berbeda dari biasanya, informasikan dan komunikasikan kepada pelanggan-pelanggan Anda. Jangan sampai pelanggan tidak tahu metode pembelian baru atau jam operasional baru yang Anda berlakukan. Sampaikan informasi tersebut misalnya lewat pesan singkat, chat, atau pasang di situs Anda.

Itulah langkah-langkah yang bisa diambil agar UKM bisa bertahan di tengah kondisi sulit ini. Selain langkah di atas yang bisa dilakukan adalah mencatat keuangan UKM secara detail. Untuk urusan ini Anda bisa mengandalkan Easy Accounting System. Dengan software Easy, pencatatan hingga laporan keuangan UKM bisa dibuat dalam waktu relatif singkat dan rapi.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak seputar Easy Accounting System bisa langsung menghubungi tim marketing kami di nomor 0838 7717 7119. Demikian informasi singkat dan ringan yang bisa kami berikan. Stay safe and healthy.