Tips Kerja New Normal: Perhatikan Hal Berikut Agar Tetap Sehat & Aman

Dengan digaungkannya kewajaran baru oleh pemerintah, pada bulan Juni 2020 sudah banyak kantor yang buka dan beroperasi kembali. Terkait situasi di atas, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat mulai kembali bekerja di kantor. Berikut ini ada beberapa tips kerja new normal yang perlu diterapkan dan diperhatikan.

Tips-tips berikut sangat penting untuk dilakukan mengingat grafik dan penyebaran virus Corona yang masih tinggi di Indonesia. Langsung saja baca tips dan penjelasannya berikut ini.

Ventilasi

Pertukaran dan aliran udara yang baik akan mengurangi risiko penyebaran Covid-19 saat bekerja dalam ruangan. Maka di dalam ruangan kerja harus dibuat ventilasi yang cukup. Jika Anda bekerja di ruangan berpendingin udara yang minim ventilasi bisa mengakalinya dengan sesekali membuka pintu selama beberapa menit.

Durasi

Durasi yang dimaksud di sini adalah lama interaksi dengan orang lain terutama berbicara secara tatap muka. Batasi pembicaraan dan bicara yang penting-penting saja. Sebagai ganti bicara secara langsung bisa dengan chat melalui banyak aplikasi pendukung yang tersedia.

Jarak

Jarak atau physical distancing juga harus diperhatikan saat bekerja di kantor, apalagi jika satu ruangan diisi lumayan banyak karyawan. Untuk itu, perlu diatur jarak kerja yang aman antar karyawan. Hal ini bisa dilakukan dengan mengatur ulang tempat dan meja kerja.

Ketiga aspek di atas wajib diperhatikan sebab jika seseorang bekerja di ruangan tertutup, lama berinterksi dengan orang lain, dan dengan jarak yang dekat maka risiko penularan penyakit akan semakin tinggi. Mengingat saat ini masih masa transisi dan banyak orang yang belum terbiasa, panduan ini harus disosialisasikan kepada semua karyawan.

Selain hal di atas ada beberapa hal yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk menjaga karyawan aman dan sehat saat bekerja, antara lain:

1. Menyediakan sabun, hand sanitizer, dan masker untuk karyawan.

2. Memastikan lingkungan kantor bersih, jika perlu menyemprot disinfektan.

3. Selalu update informasi tentang Covid-19 dan meneruskan ke karyawan.

4. Membuat panduan dan aturan terkait dengan keamanan dan kesehatan saat bekerja.

Selain dari pihak perusahaan, karyawan juga harus melakukan tips kerja new normal di bawah ini:

1. Memakai masker saat bekerja.

2. Rajin cuci tangan dengan air mengalir.

3. Menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan kerjanya.

4. Menerapkan etika batuk dan bersin.

Demikianlah tips kerja new normal yang bisa diterapkan saat di kantor. Semoga langkah di atas bisa membantu Anda sehingga meningkatkan kenyamanan saat bekerja dan menjaga semangat dan produktivitas kerja tetap terjaga.

Bagi Anda perusahaan yang sudah mulai beroperasi dan butuh software akuntansi bisa mencoba menggunakan software akuntansi Easy Accounting System. Easy Accounting System merupakan software yang mudah digunakan, banyak fitur unggulan, dan dipakai beragam jenis dan level perusahaan di Indonesia.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang Easy Accounting System bisa langsung menghubungi tim marketing kami di nomor 0838 7717 7119. Demikian informasi singkat dan ringan yang bisa kami berikan. Stay safe and healthy.