Tips Hemat Belanja Bulanan Selama Pandemi Corona

Pandemi Corona berdampak pada beberapa sector baik dari kesehatan, sosial, juga ekonomi. Sejauh ini beberapa perusahaan telah banyak melakukan PHK. Kondisi terburuk pun bisa terjadi jika pandemi ini terus berlangsung dalam jangka panjang. Secara otomatis situasi tersebut dapat menghantam pertumbuhan ekonomi Indonesia, termasuk pada lingkup terdekat yakni keuangan keluarga. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini ada beberapa tips hemat belanja bulanan yang langsung bisa Anda contoh dan terapkan.

1. Membuat Catatan Belanja

Catatan ini adalah kunci dan pedoman dalam membeli kebutuhan bulanan. Jangan mengambil barang di luar catatan. Pastikan daftar belanja sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari. Dan yang paling penting jangan berbelanja secara berlebihan. Bijaklah untuk tidak menimbun barang sebab tidak hanya kita saja membutuhkan kebutuhan dasar untuk hidup.

2. Bedakan Keinginan dan Kebutuhan

Saat keadaan normal pun sebenarnya kita harus bisa membatasi keinginan dan lebih mengutamakan kebutuhan. Namun, hal itu lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Sebab saat ekonomi lesu seperti ini, banyak produk yang rela banting harga agar omset penjualan tetap terjaga. Walau banyak produk yang sedang diskon belilah yang menjadi kebutuhan saja. Jangan sampai anggaran berkurang karena mengikuti keinginan sesaat saja. Bijaklah dalam berbelanja.

3. Belanja Langsung di Pasar/Grosir

Membeli langsung di pasar tradisonal akan jauh lebih murah, apalagi Anda dapat melakukan tawar-menawar terlebih dahulu sebelum membeli. Selain itu, dengan berbelanja di pasar tradisional secara tidak langsung Anda ikut menggerakkan penjualan pedagang-pedagang di sana. Tips lain adalah membeli di toko grosir, sebab harganya masih jauh lebih murah dibanding jika membeli sesuatu di pengecer. Yang perlu diingat adalah jaga diri Anda saat berbelanja di pasar atau toko, selalu gunakan masker dan jaga jarak aman.

4. Jeli Memanfaatkan Promo

Setiap hari jika Anda jeli melihat-lihat di beberapa E-commerce, pasti akan menemukan pemberitahuan diskon untuk beberapa barang. Tidak ada salahnya Anda memanfaatkan ini, pastikan dengan baik ketika berbelanja di E-commerce Anda juga mengecek biaya kirimnya sudah termasuk atau belum. Dan selalu ingat agar tidak kalap saat berbelanja secara online.

5. Cek dan Bandingkan Harga Via Online

Trik menghemat belanja bulanan yang tidak kalah penting dilakukan adalah membandingkan harga sebelum berbelanja. Untuk trik ini, kamu bisa terapkan ketika belanja langsung di pasar, minimarket atau di e-commerce.

Bagaimana cara membandingkannya? Kamu bisa membandingkan harga barang dengan jenis yang sama namun beda merek, atau beda lokasi pembelian jika langsung beli di pasar. Jika berbelanja di e-commerce, kamu bisa bandingkan harga di e-commerce lain, serta pastikan ada diskon atau tidak. Dengan cara ini mungkin bisa menghemat pengeluaran melalui selisih harga atau diskon.

Terapkan kiat mudah di atas agar belanja bulanan jadi makin hemat. Selain langkah di atas yang bisa dilakukan adalah mencatat keuangan secara detail. Untuk urusan ini Anda bisa mengandalkan Easy Accounting System, apalagi jika Anda memiliki usaha. Dengan Easy, pencatatan hingga laporan keuangan pribadi maupun perusahaan bisa jadi rapi.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak seputar Easy Accounting System bisa langsung menghubungi tim marketing kami di nomor 0838 7717 7119. Demikian informasi singkat dan ringan yang bisa kami berikan. Stay safe and healthy.