Tips Bisnis New Normal: Lakukan 5 Hal Berikut

Pada pertengahan bulan Juni 2020 ini beberapa kota di Indonesia, contohnya Jakarta, mulai membuka sejumlah fasilitas seperti transportasi dan pusat perbelanjaan. Saat ini adalah masa transisi meski masih menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Masyarakat sudah bisa dan boleh beraktivitas kembali tetapi wajib menerapkan pola hidup baru atau New Normal di tengah pandemi virus Corona. Untuk itu, para pelaku usaha juga harus bersiap untuk menyambut kenormalan baru. Berikut adalah beberapa tips bisnis new normal yang bisa Anda lakukan.

1. Membuat Perencanaan

Jika membandingkan kondisi ekonomi dan bisnis sebelum dan sesudah pandemi Corona, tentu ada perbedaan yang sangat drastis. Rencana yang dahulu telah disusun tentu sebelum Corona tentu tidak semuanya bisa diterapkan. Maka susunlah rencana baru yang sesuai dengan kondisi ekonomi, bisnis, dan masyarakat saat ini.

Alangkah baiknya membuat perencanaan dalam kurun waktu tertentu, misalnya bulanan. Sebab, kondisi masih bisa berubah-ubah dan rencana harus terus dievaluasi secara berkala. Dan dalam membuat rencana buatlah serealistis mungkin karena semua orang tentu sedang beradaptasi dengan situasi new normal ini.

2. Utamakan Keselamatan dan Kesehatan Karyawan

Pelaku usaha harus memperhatikan betul aspek keselamatan dan kesehatan karyawannya mengingat grafik penyebaran Corona yang masih tinggi. Sediakan fasilitas kesehatan yang menunjang di lingkungan kerja, misalnya menyediakan masker, sabun cuci tangan, dan hand sanitizer. Dengan fasilitas tersebut karyawan akan merasa lebih aman dan tenang saat bekerja.

Jika perlu, ubah tempat bekerja dengan menerapkan jarak aman baik antar karyawan maupun saat bertemu dengan pelanggan. Dengan prosedur kesehatan yang baik tentu juga turut berpengaruh pada kepercayaan customer.

3. Pertahankan Kualitas Produk dan Layanan

Dampak virus Corona yang paling dirasakan oleh dunia usaha adalah turunnya pemasukan. Namun, bukan berarti kita harus mengorbankan kualitas produk dan jasa yang kita jual. Justru pada kenormalan baru ini sebuah usaha harus menunjukkan bahwa produknya masih tetap sama atau bahkan lebih bagus dan dibuat dengan standar kebersihan yang terjamin. Aspek ini sangat penting dilakukan terutama untuk bisnis yang bersentuhan langsung dengan pelanggan seperti retail dan kuliner.

4. Adopsi Teknologi untuk Bisnis

Dalam kondisi yang sulit ini membuat pelaku usaha untuk jeli dan pintar dalam memanfaatkan teknologi. Beberapa bulan terakhir pasar online lebih diminati arena banyak orang yang lebih memilih untuk di rumah saja. Fenomena ini tentu harus disikapi oleh para pengusaha. Arahkan usaha Anda ke teknologi digital dan online. Jika belum sepenuhnya mengerti tentang teknologi digital dan online, luangkan waktu untuk belajar dari materi yang banyak tersedia di buku, artikel, dan video.

5. Awasi Kondisi Finansial

Perhatikan betul kondisi keuangan bisnis Anda, sebab hal ini salah satu faktor penting kelangsungan usaha. Buat pembukuan dengan baik dan rapi. Dari situ Anda bisa melihat laporan, pemasukan, dan pengeluaran perusahaan. Melalui data keuangan tersebut bisa dilihat kondisi real perusahaan dan bisa dijadikan pertimbangan untuk perencanaan ke depannya.

Demikianlah tips bisnis new normal yang bisa diterapkan untuk perusahaan. Bagi Anda perusahaan yang ingin keuangannya tetap rapi dan teratur di saat seperti ini bisa mengandalkan software akuntansi Easy Accounting System. Dengan EASY Anda bisa mengatur keuangan baik dari kantor maupun saat bekerja dari rumah, sebab software Easy Accounting System bisa disetting agar bisa diakses secara online.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak seputar Easy Accounting System bisa langsung menghubungi tim marketing kami di nomor 0838 7717 7119. Demikian informasi singkat dan ringan yang bisa kami berikan. Stay safe and healthy.