Tip Menjaga Arus Kas Operasional Agar Tetap Positif Saat Pandemi

Perekonomian dunia dan di Indonesia belum bisa dikatakan pulih seperti semula hingga saat ini. Tentu pada masa seperti ini kita harus pandai dan bijak dalam mengelola arus kas, terutama untuk bisnis dan perusahaan kita. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjaga arus kas operasional agar tetap positif selama pandemi.

tip menjaga arus kas agar positif - cover

1. Menetapkan Budget

Dengan menetapkan budget, Anda akan memiliki gambaran untuk pembiayaan. Sehingga terjadi penyesuaian kas untuk kebutuhan usaha.

2. Analisis Aktivitas Kas

Melakukan analisis aktivitas kas sangat penting sebab Anda akan mengetahui kondisi perusahaan apakah sedang dalam kondisi sehat atau tidak. Dari hasil analisis bisa diambil langkah ke depan maupun evaluasi.

3. Buat Promo Menarik

Di saat seperti ini kita harus lebih kreatif dalam menambah pundi-pundi pemasukan. Agar mampu menarik pelanggan perlu dibuat promo-promo yang menarik untuk pelanggan. Anda bisa melakukan diskon, flash sale, bundling, atau kolaborasi dengan produk lain yang menarik. Dengan promo menarik diharapkan bisa menambah pemasukan untuk perusahaan.

4. Menunda Pembelian Inventaris

Membeli inventaris memang perlu. Tetapi, akan lebih bijak jika di saat seperti ini menunda rencana tersebut. Sebab, pembelian inventaris biasanya butuh dana yang lumayan besar dan hal tersebut bisa mempengaruhi kestabilan arus kas perusahaan.

Cara Lain Menjaga Arus Kas Tetap Sehat

Langkah lain yang bisa dilakukan untuk menjaga arus kas tetap positif adalah dengan menggunakan produk software akuntansi Easy System. Anda bisa memilih Easy 6 Desktop, Easy Mobile, atau Easy Cloud. Dan yang paling cocok untuk memantau arus kas selama masa pandemi seperti ini adalah dengan Easy Cloud.

Saat memakai Easy Cloud Anda bisa mengaksesnya dari kantor maupun saat WFH. Selain fleksibel dari tempat, Easy Cloud juga fleksibel dari segi perangkat. Aplikasi ini bisa diakses dari beragam perangkat dan beragam OS. Jadi, Anda bisa memakai PC, Laptop, Macbook, Smartphone Android, dan iPhone. Easy Cloud bisa diakses dari semua perangat tersebut melalui browser yang ada jaringan internetnya.

Jadi, tunggu apalagi? Segera gunakan Easy Cloud sekarang juga. Kunjungi www.easycloud.co.id kemudian daftar dan dapatkan gratis masa trial selama 30 hari.