PPKM Diperpanjang, Berikut Tip Hemat untuk Menjaga Keuangan Tetap Sehat

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM di Jawa dan Bali diperpanjang hingga 8 Februari 2021 mengingat masih tingginya kasus Covid-19. Ada beberapa peraturan di PPKM, di antaranya: perkantoran WFH 75%, kegiatan belajar secara online, pusat perbelanjaan tutup jam 7 malam, dan beberapa aturan lain. Dengan adanya PPKM dan situasi pandemi yang belum berakhir, ada baiknya kita menjaga kesehatan baik dari segi jasmani-rohani dan keuangan agar bisa survive. Untuk kondisi finansial yang tetap sehat, Anda bisa melakukan tip hemat berikut ini.

1. Mulai Membuat Budget

Budget atau anggaran sangatlah penting sebab dari situlah kita bisa tahu berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran. Cara mudah untuk membuatnya adalah sisihkan atau bayarkan terlebih dulu semua tagihan dan cicilan begitu Anda menerima gaji. Dengan demikian Anda bisa tahu sisa dana yang Anda miliki untuk sebulan ke depan untuk kemudian dibuat perencanaan yang teliti agar kebutuhan terpenuhi dan masih banyak sisa untuk ditabung. Saat membuat anggaran pastikan Anda menyisipkan pos dana darurat, mengingat saat ini kita masih ada di situasi pandemi.

2. Memanfaatkan Aplikasi untuk Mengelola Keuangan

Entah itu melibatkan uang yang banyak atau sedikit, yang namanya mengelola keuangan dengan baik itu sulit untuk direalisasikan. Untuk itu mudahkan urusan kelola keuangan dengan bantuan-bantuan yang ada di sekitar. Salah satu bantuan paling efektif yang bisa Anda dapatkan untuk mengelola keuangan adalah dengan aplikasi atau software. Dengan memakai software waktu untuk mengurus keuangan bisa lebih cepat dan dialihkan untuk mengurus hal penting lainnya.

3. Memisahkan Anggaran

Di nomor 1 kita telah membicarakan tentang membuat budget atau anggaran. Mungkin semua tidak mengalami kesulitan saat membuat anggaran, tetapi untuk merealisasikannya tentu tidak mudah. Nah, untuk memudahkan realisasi anggaran, cara paling sederhana adalah memisahkannya ke dalam pos-pos anggaran yang sudah dibuat tadi. Bisa secara fisik dengan cara memisahnya di dompet atau amplop yang berbeda. Membuat rekening baru juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menampung anggaran Anda.

4. Teliti Saat Berbelanja

Apakah Anda tipe orang yang langsung mengambil barang tanpa lihat harga? Kalau iya, mulai sekarang ubah kebiasaan tersebut. Pastikan saat Anda berbelanja selalu memperhatikan dan membandingkan harga produk, jadi Anda bisa mendapatkan barang yang bagus namun dengan harga lebih rendah. Cara ini mungkin dianggap makan waktu lama, tetapi Anda bisa mengakalinya dengan melihat review maupun rekomendasi produk yang ada di media sosial terlebih dulu. Jadi, ketika Anda akan belanja Anda sudah tahu produk apa yang akan dibeli dan akan beli di mana. Dengan lebih teliti saat belanja tanpa disadari Anda sudah melakukan penghematan.

5. Coret Pengeluaran yang Tidak Penting

Dengan diberlakukannya PPKM tentu aktivitas keluar rumah tidak seperti dulu lagi. Kegiatan seperti ke coffee shop, bioskop, dan pusat perbelanjaan otomatis perlu ditunda sementara. Jadi, pengeluaran-pengeluaran tersebut bisa kita hilangkan untuk ditabung atau dialihkan ke pos lain.

Demikian beberapa tip hemat pengeluaran yang bia dilakukan saat PPKM. Untuk memudahkan Anda melakukan tip nomor 2 bisa mengandalkan Easy Accounting System, apalagi jika kamu punya usaha. Dengan Easy System, pencatatan hingga laporan keuangan pribadi maupun perusahaan bisa jadi rapi dan dapat selalu dikontrol.

Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang produk Easy System seperti Easy Cloud, Easy Mobile, dan Easy 6 bisa langsung menghubungi tim marketing kami di nomor 0838 7717 7119. Demikian informasi singkat dan ringan yang bisa kami berikan. Stay safe and healthy.