Strategi Instagram Marketing Paling Ampuh untuk Bisnis di Tahun 2021

Di era digital seperti sekarang ini sebuah bisnis dituntut harus mampu beradaptasi dan mengadopsi teknologi terbaru agar bisa survive dan sukses. Salah satu adaptasi yang harus dilakukan oleh sebuah bisnis adalah mengenalkan dan memasarkan produknya di media sosial, khususnya Instagram. Mengapa harus Instagram? Jawabannya adalah karena media sosial tersebut memiliki jumlah pengguna lebih dari 1 miliar. Tentu jumlah pengguna tersebut adalah kesempatan yang sangat besar dan bagus untuk produk dari bisnis Anda. Maka, mulai saat ini pelajari strategi Instagram marketing agar bisnis Anda makin dikenal dan produknya makin laku.

Tentu agar sukses memasarkan produk di media sosial ini tidak bisa asal-asalan. Ada beberapa cara memasarkan produk di Instagram yang efektif dan bisa Anda terapkan untuk bisnis Anda. Berikut adalah strategi Instagram marketing jitu untuk bisnis di tahun 2021.

ilustrasi strategi instagram marketing

1. Gunakan Akun Bisnis

Langkah paling awal adalah membuat akun untuk usaha. Pastikan Anda membuat akun bisnis bukan akun untuk pribadi. Dengan memakai akun bisnis, Anda akan mendapatkan beberapa fitur yang tidak didapatkan di akun pribadi yaitu:

  • Instagram Insight: dengan fitur ini dapat diketahui berapa jumlah jangkauan, interaksi, dan data pengikut (jenis kelamin, usia, geografi).
  • Instagram Ads: fitur iklan untuk menjangkau pengguna yang lebih luas atau pengguna spesifik.
  • Instagram Shopping: memungkinkan pengguna untuk memberi nama dan harga produk di unggahan foto maupun story.

Dengan keuntungan yang didapat dari fitur di atas dan fitur lainnya dari akun bisnis, segera buat akun bisnis atau ubah akun pribadi jadi akun bisnis.

2. Tentukan Tujuan

Instagram adalah suatu perangkat untuk mencapai berbagai tujuan. Agar hasilnya efektif, tentu Anda harus tahu apa tujuan Anda menggunakan Instagram marketing untuk bisnis Anda. Berikut ini adalah beberapa tujuan yang dapat diraih dengan Instagram marketing:

  • Membuat online presence untuk bisnis.
  • Meningkatkan brand awareness.
  • Menambah prospek.
  • Menjual produk langsung dari Instagram.

Dari semua manfaat di atas tentu Anda ingin semua kombinasinya untuk bisnis Anda. Namun, untuk target awal tentukan satu tujuan utama terlebih dahulu. Dari target utama tersebut barulah Anda bisa membuat konten marketing instagram yang sesuai untuk mencapai tujuan utama.

3. Ketahui Target Pengguna

Tentu bisnis Anda memiliki target pengguna tersendiri dan pengguna tersebut punya kebiasaan tersendiri. Maka, lakukan riset untuk mengetahui target pengguna sekaligus kebiasaannya. Contohnya, usia pengguna, lokasi pengguna, dan waktu online pengguna. Dengan mengetahui target dan kebiasaan pengguna, nantinya bisa diketahui waktu terbaik untuk mengunggah dan lebih mudah saat akan mengiklankan konten.

4. Maksimalkan Profil Instagram

Jika diibaratkan, profil adalah wajah. Tentu Anda menginginkan wajah dari bisnis Anda terlihat menarik bukan? Maka, perlu dilakukan optimasi profil Instagram. Berikut beberapa hal penting yang harus dilakukan:

  • Pilih profile picture yang keren dan terlihat jelas.
  • Maksimalkan bio, berikan impresi dan nilai brand bisnis Anda secara singkat, jelas, dan mengapa mereka harus follow bisnis Anda.
  • Pilih nama dan nama pengguna yang paling mewakili bisnis dan mudah untuk dicari.
  • Sertakan link yang mengarah ke website Anda.
  • Jelaskan kategori bisnis Anda.
  • Berikan informasi kontak yang dapat dihubungi.

5. Konten Menarik secara Visual dan Informatif

Instagram adalah media sosial di mana visual adalah segalanya. Jadi, pastikan bahwa konten-konten yang akan diunggah direncanakan secara matang terlebih dulu, entah itu berupa foto maupun video. Tentu fokus unggahan akun Instagram bisnis Anda adalah produk. Pastikan unggahan produk ini selain menarik juga mampu bercerita lebih jauh tentang produk.

Meski fokus ke unggahan produk, sesekali berikan selingan agar pengikut tidak bosan. Anda bisa mengunggah kutipan atau kata bijak, infografik, tip dan trik, dan regram. Bisa juga dengan video pendek atau dengan video panjang yang diunggah ke IGTV.

6. Caption

Sebuah unggahan yang sangat menarik tentu akan jadi luar biasa jika disertai caption atau keterangan yang bagus. Meskipun caption Instagram bisa sampai sebanyak 2200 karakter, usahakan agar caption tidak terlalu panjang namun tidak terlalu singkat juga. Yang terpenting caption tersebut informatif dan menyampaikan pesan yang diinginkan secara jelas.

Selain caption jangan lupakan pula untuk menyertakan hashtag atau tagar. Tetapi, ada hal yang perlu dicatat saat menggunakan hashtag. Pertama, pastikan tagar yang digunakan relevan dengan bisnis dan brand Anda. Selanjutnya, usahakan tagar spesifik dengan topik pengguna yang Anda tuju. Terakhir, gunakan jumlah tagar sekitar 10 saja.

Demikian beberapa strategi Instagram marketing yang bisa dicontoh dan diterapkan bagi Anda yang memiliki bisnis atau baru memulai bisnis. Yang perlu diingat, belajar Instagram marketing itu butuh waktu dan konsistensi. Jadi, jika hasilnya belum optimal jangan langsung kehilangan semangat dan berhenti melakukannya.

Selain Instagram marketing, sisi lain yang harus Anda perhatikan agar bisnis semakin maju adalah seputar pembukuan keuangan. Untuk Anda yang ingin pembukuan bisnis makin rapi, silakan gunakan software akuntansi Easy System. Easy System bisa membantu Anda dalam membuat anggaran, memudahkan proses jual beli, dan cek laporan keuangan.

Jika Anda tertarik untuk melakukan trial/download software kami atau ingin mencari info lebih lanjut silakan hubungi tim marketing kami di nomor 0838 7717 7119.