Software Akuntansi Terpadu – EASY Accounting Software

Anda pasti pernah mendengar istilah software akuntansi terpadu. Namun, apakah Anda sudah sepenuhnya mengetahui apa definisi dan cara kerjanya? Nah, di dalam artikel ini akan dibahas mengenai detail dari software akuntansi jenis ini.

Pada software akuntansi terpadu, antara modul yang satu dengan modul yang lainnya ada keterkaitan dan terintegrasi satu sama lain. Apabila Anda menggunakan software yang tidak terintegrasi misalnya hanya modul penjualan saja, Anda harus melakukan penjurnalan sendiri ke buku besar. Perhitungan harga pokok penjualan pun baru bisa dilakukan pada akhir bulan berdasarkan nilai persediaan pada awal bulan dan nilai persediaan akhir bulan untuk selanjutnya dibuatkan jurnalnya.

Itu artinya laporan laba rugi baru bisa diketahui pada akhir bulan. Hal seperti itu tidak terjadi di software terpadu. Jadi, setiap kali ada transaksi penjualan akan langsung dihitungkan harga pokok penjualannya oleh program dan secara otomatis dilakukan penjurnalan.

Keuntungan Memakai Software Akuntansi Terpadu

Dengan menggunakan software akuntansi terpadu, maka penggunanya akan lebih efektif dan efisien dalam segi waktu waktu juga SDM. Tidak perlu lagi menggunakan bantuan spreadsheet (aplikasi worksheet) yang begitu beragam dan seringkali tidak terintegrasi untuk kepentingan pembukuan perusahaan Anda. Worksheet hanya diperlukan sebagai pelengkap saja apabila ada kebutuhan yang tidak bisa dilakukan pada software yang ada.

Keuntungan lain dari software terpadu yaitu informasi yang dibutuhkan oleh manajemen akan tersaji setiap saat. Tidak perlu menunggu akhir bulan ataupun harus menunggu direkapitulasi dulu, bisa dilihat sendiri  di layar atau dicetak oleh yang membutuhkannya.

Dengan menggunakan software akuntansi terpadu maka dengan satu kali menginput transaksi tertentu,  modul terkait lainnya akan otomatis diupdate oleh program. Berikut ini adalah otomatisasi yang bisa dilakukan oleh software jenis ini:

1. Dengan melakukan input transaksi pembelian maka program otomatis akan melakukan penjurnalan ke buku besar, mengupdate hutang, persediaan, pada saat itu juga akan langsung menghasilkan laporan pembelian, kartu hutang, umur hutang, kartu stok, saldo persediaan, buku besar, neraca dan sebagainya yang sudah terupdate.

2. Apabila user melakukan input penjualan maka program otomatis akan melakukan penjurnalan, update piutang, apabila berupa penjualan langsung (tanpa Surat Jalan atau DO) maka juga akan update persediaan sehingga akan langsung dapat menghasilkan laporan penjualan, kartu piutang, umur piutang, persediaan, laba rugi, dan sebagainya yang sudah update dengan sendirinya. Di samping itu juga dapat langsung mencetak Surat Jalan, Invoice dan Faktur Pajak.

3. Selanjutnya pada saat akan melakukan pembayaran hutang atas pembelian yang telah dilakukan, user tinggal memanggil transaksi pembelian bersangkutan melalui modul kas/bank untuk dilakukan pembayaran. Transaksi kas/bank ini akan otomatis mengupdate buku besar, hutang sehingga laporan yang terkait dengannya akan ikut terupdate seperti laporan kartu hutang, umur hutang, buku kas/bank, juga buku besar, neraca dan sebagainya.

4. Saat melakukan penerimaan pelunasan piutang atas penjualan yang telah dilakukan, user tinggal memanggil transaksi penjualan bersangkutan melalui modul kas/bank untuk dilakukan pelunasan. Transaksi kas/bank ini akan otomatis mengupdate buku besar, piutang sehingga laporan yang terkait dengannya akan ikut terupdate seperti laporan kartu piutang, umur piutang, buku  kas/bank, juga buku besar, neraca dan sebagainya.

Software Akuntansi Easy Accounting System

Software akuntansi saat ini sudah banyak tersedia dengan spesifikasi dan juga fitur yang beragam sudah sangat disesuaikan dengan kebutuhan para pengusaha profesional. Salah satu software akuntansi terbaik yaitu Easy Accounting System. Di mana terdapat banyak sekali fitur yang dapat memudahkan Anda untuk membuat laporan keuangan secara valid. Selain itu, EASY juga termasuk ke dalam software akuntansi terpadu dengan segala keunggulan yang telah disebutkan di atas.

Berikut merupakan beberapa fitur software akuntansi Easy Accounting System yang tidak dimiliki oleh software akuntansi lain:

  • System Database Menggunakan Delphi EX 4 (Interbase 2013)
  • Mampu berkerja di Multi Core Komputer
  • Pada saat Mati lampu atau jaringan putus secara tiba-tiba Database Tidak Rusak
  • System Online Lebih Cepat
  • Database sebesar Ratusan MB tidak Berat
  • Mampu Import Jurnal Umum, Sales Invoice, Sales Order & Work Order dari Excel ke dalam Easy Accounting System
  • System EABT (Exclusive Access for Branch Transaction)
  • Support EAS Mobile
  • Support E-Faktur (Peraturan Pajak per 1 Juni 2015)

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk EASY atau demo presentasi EASY di kantor Anda, silakan hubungi:

Novi Yanirahmawati

WA : 0838-7717-7119
Email : marketing@easyaccountingsystem.co.id

3 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.