Resolusi Keuangan 2021 Plus Cara untuk Merealisasikannya

Pergantian tahun selalu disertai dengan harapan untuk bisa jadi lebih baik dibandingkan tahun kemarin. Harapan-harapan tersebut biasa dituangkan ke dalam resolusi tahun baru. Untuk tahun 2021 ini tentu juga ada beberapa resolusi yang ingin diwujudkan dan salah satunya adalah di bidang keuangan. Berikut adalah beberapa resolusi keuangan 2021 beserta cara untuk mewujudkannya.

resolusi keuangan 2021

1. Membuat Anggaran yang Realistis

Tidak bisa dipungkiri bahwa tahun 2020 kemarin adalah tahun yang penuh tantangan dan ujian dengan adanya pandemi Covid-19. Akibatnya, banyak perencanaan anggaran yang gagal maupun harus ditunda. Karena pandemi belum berakhir, ada baiknya belajar dari peristiwa kemarin dan menyusun anggaran dengan realistis. Setelah membuat anggaran pastikan untuk terus dilakukan dan dikawal agar tidak terjadi pembengkakan anggaran.

2. Melunasi Hutang & Cicilan

Jika Anda memiliki hutang dan cicilan yang belum lunas, hal ini bisa jadi salah satu resolusi prioritas di tahun 2021 ini. Untuk metode pelunasannya Anda bisa memilih, bisa yang nominalnya lebih besar terlebih dahulu atau yang nominalnya lebih kecil terlebih dulu. Dengan melunasi hutang dan cicilan, paling tidak Anda sudah terbebas dari satu kewajiban dan dapat menggunakan anggaran untuk keperluan lainnya.

3. Melakukan Investasi

Bagi yang sudah punya rencana berinvestasi tetapi tidak kunjung kesampaian, mungkin tahun ini adalah saat yangtepat untuk merealisasikannya. Anda bisa memilih bermacam investasi yang ada misalnya saham, reksa dana, dan emas. Yang perlu diingat, tempatkan dana investasi Anda di tempat yang sudah pasti aman dan terpercaya. Dan jangan lupa untuk mencari informasi lengkap mengenai jenis investasi yang Anda minati.

4. Menabung dan Menyiapkan Dana Darurat

Menabung adalah salah satu aktivitas yang baik dan berguna tetapi masih sering dilewatkan serta tidak jadi prioritas. Mari kita ubah kebiasaan tersebut dan mulai menyisihkan penghasilan berapa pun jumlahnya untuk ditabung. Sebab, dengan menabung akan banyak manfaat yang bisa dipetik ke depannya.

Selain menabung, pelajaran yang dapat dipetik dari yahun 2020 silam adalah menyiapkan dana darurat. Seperti yang kita tahu dan alami bersama di tahun kemarin, di mana pandemi Covid-19 membuat banyak orang berjuang dari segi ekonomi. Dari pandemi tersebut kita bisa memetik pelajaran yaitu kita harus punya dana darurat untuk sewaktu-waktu digunakan di saat tak terduga. Mari sisihkan sejumlah uang selama beberapa bulan ke depan untuk ditampung di pos dana darurat.

Nah, resolusi-resolusi keuangan 2021 di atas bisa Anda jadikan inspirasi, baik untuk kehidupan pribadi maupun untuk usaha. Sebelum merealisasikan hal-hal baik di atas, buatlah diri Anda selalu berkomitmen dan konsisten agar hasilnya maksimal. Untuk membantu Anda memudahkan resolusi keuangan 2021 di atas, terutama untuk Anda yang punya bisnis, silakan gunakan software akuntansi Easy System. Easy System bisa membantu Anda dalam membuat anggaran, merealisasikan, dan me-review-nya.

Bagi Anda yang tertarik memakai software akuntansi Easy System segera gunakan software ini sebab banyak sekali manfaat di dalamnya. Jika Anda tertarik untuk melakukan trial/download software kami atau ingin mencari info lebih lanjut silakan hubungi tim marketing kami di nomor 0838 7717 7119.