Prosedur Dalam Strategi Penjualan

Software Akuntansi – Prosedur Yang Digunakan Dalam Strategi Penjualan

Software Akuntansi – Marketing merupakan komponen utama dari penjualan perusahaan, pada artikel berikut ini adalah penjelasan mengenai prosedur strategi marketing yang benar dan efektif untuk mendorong terciptanya pencapaian target penjualan yang bagus. Kerangka rumusan dari strategi marketing akan dirinci pada rencana pemasaran perusahaan, umumnya disusun berdasarkan framework Marketing Mix (Kerangka Marketing Mix). Perumusan strategi marketing membutuhkan analisis rinci yang dilakukan berdasarkan data riset pasar.

Elemen Strategi Marketing

Rincian strategi marketing biasanya dijelaskan pada rencana pemasaran yang tercantum di business plan (Perencanaan Bisnis). Seperti bagian rencana pemasaran, Marketing Mix juga merupakan salah satu kerangka umum untuk strategi marketing, tahapan-tahapan berikut merupakan strategi yang digunakan untuk menyusun strategi marketing :

  1. Selection Of  Products And Markets (Pemilihan Produk Dan Pasar)
  2. Price (Harga)
  3. System / Distribution Channel (Sistem / Saluran Distribusi)
  4. Communication With The Target Market (Komunikasi Dengan Target Pasar)

Proses Perumusan Strategi Marketing

Meski tidak ada acuan baku terhadap proses perumusan strategi marketing, ahli strategi bisnis Profesor E. Raymond Corey memodelkan proses perumusan strategi marketing. Model ini menempatkan strategi marketing sebagai bagian dari perumusan strategi perusahaan secara keseluruhan. Berikut proses yang terlibat dalam model yang diperkenalkan oleh Corey :

1.Corporate Purpose For The Business Unit Level (Tujuan Korporat Untuk Level Unit Bisnis)

Faktor yang terlibat dalam tujuan korporat untuk level bisnis meliputi kriteria berikut ini :

  • Tingkat pertumbuhan.
  • Pangsa pasar.
  • Tingkat keuntungan.
  • Rencana marketing.
  • Rencana produksi.
  • Rencana R&D.
  • Rencana keuangan.

2. Analysis Of The External Environment (Analisis Lingkungan Eksternal)

Faktor yang terlibat dalam analisis lingkungan eksternal meliputi:

  • Ekonomi
  • Teknologi
  • Demografi.
  • Regulasi.
  • Politik.

3. Strengths And Weaknesses Of The Business Unit (Kekuatan Dan Kelemahan Unit Bisnis)

Faktor yang terlibat dalam kekuatan dan kelemahan unit bisnis meliputi :

  • Core competencies.
  • Product lines.
  • Customer base.
  • Market share position.
  • Technology.
  • Manufacturing facilities.
  • Distribution systems.
  • Financial resources.

4. Opportunities (Peluang Pasar)

5. Market Analysis (Analisis Pasar)

Faktor yang terlibat dalam analisis pasar meliputi :

  • Analisis segmen.
  • Ukuran pasar.
  • Tingkat pertumbuhan.
  • Teknologi.
  • Posisi kompetitor.
  • Faktor regulasi.
  • Kebutuhan pasar.
  • Pengaruh pembelian.
  • Layanan tambahan bagi pengguna.
  • Sumber daya yang dibutuhkan.
  • Perbandingan dengan pilihan produk/jasa lainnya.

6. Economic Analysis (Analisis Ekonomi)

Faktor yang terlibat pada analisis ekonomi meliputi :

  • Tingkat pendapatan dan keuntungan.
  • Pangsa pasar.
  • Peluang pasar.
  • Analisis break-even.
  • Analisis contingency.
  • Penjualan produk hingga saat ini.
  • Pelanggan hingga saat ini.
  • Sistem distribusi.

7. Product Marketing Strategy (Strategi Pemasaran Produk)

Faktor yang terlibat pada strategi pemasaran meliputi :

  • Pemilihan pasar.
  • Spesifikasi produk.
  • Harga.
  • Saluran distribusi.
  • Promosi.
  • Layanan produk.
  • Dukungan teknis.
  • Sumber dana pemasaran.
  • Lokasi pabrik.
  • Dan elemen lainnya, sesuai karakteristik industri.

Strategi pemasaran ini harus dilengkapi analisis etika agar tidak bertentangan budaya atau perilaku yang berlaku. Analisis etika harus spesifik berdasarkan demografi target pasar, terutama lokasi. Analisis ini juga melibatkan faktor desain produk dan proses produksi.

Setelah memahami apa saja prosedur dari strategi market penjualan, kita mesti menganalisis secara detail terkait setiap proses yang terlibat. Tidak ada aturan pasti bagaimana merancang strategi market yang efektif. Namun framework penyusunan strategi marketing ini dapat menjadi acuan saat bingung apa saja yang seharusnya dirumuskan dalam strategi marketing perusahaan.

Software Akuntansi Easy Accounting System

Software Akuntansi Easy Accounting System merupakan Software Akuntansi Paket yang siap pakai dan Format Laporan-Laporan yang ada di Software AkuntansiEasy Accounting System dapat di sesuaikan dengan kebutuhan perusahaan (Fleksibel).

After Sales Service yang kami berikan bisa memalui Telepon, Chating, Email dan Trainner (Implementor) Kami mengerti dan memahami tentang Accounting dan Easy Accounting System yang tentunya akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih mudah.

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi EASY yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Demo Software Akuntansi EASY di Kantor Anda, Silahkan Menghubungi :

Novi Yanirahmawati

Telepon : 021 225 465 09
SMS : 0838-771-77119
Email : marketing@easyaccountingsystem.co.id

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.