Beberapa Perusahaan Mampu Bertahan Saat Pandemi, Apa Saja Rahasianya?

perusahaan yang bisa bertahan saat pandemi - easy 6

Akibat dari pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai banyak bisnis dan usaha yang kesulitan atau bahkan sampai terpaksa tutup. Namun ternyata ada beberapa perusahaan yang mampu bertahan saat pandemi bahkan permintaan produknya meningkat drastis. Apa sajakah perusahaan tersebut dan apa rahasia mereka bertahan di tengah pandemi seperti ini? Mari langsung saja baca pembahasannya di bawah ini.

1. Produsen Masker

Salah satu barang yang paling dicari di saat pandemi ini adalah masker, entah itu masker medis maupun masker kain permintaannya sangat tinggi. Maka tidak heran para produsen masker bisa survive di tengah ketidakpastian ini. Tingginya permintaan akan masker kain membuat banyak perusahaan konveksi ikut memproduksi masker demi roda perusahaannya terus berputar.

2. Perusahaan Alat Pelindung Diri (APD)

Hampir sama dengan masker, permintaan akan alat pelindung diri untuk rumah sakit & fasilitas kesehatan lainnya di berbagai daerah mengalami kelangkaan Alat Pelindung Diri/APD di tengah pandemi corona. Beberapa tenaga medis dilaporkan terpaksa menggunakan barang pengganti seperti jas hujan & masker kain. Hal ini menjadi peluang untuk beberapa perusahaan, supaya bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri, guna menghindari gulung tikar.

3. Perusahaan Farmasi

Perusahaan yang bergerak di bidang farmasi juga tidak terlalu mengalami goncangan dibanding jenis usaha lain. Sebab banyak orang kini semakin sadar dan membeli produk-produk untuk menjaga kesehatan dan imun tubuh. Bedanya, kini perusahaan farmasi lebih meningkatkan penjualan secara online karena tren belanja yang mengarah ke situ dan juga karena faktor keamanan.

4. Perusahaan Makanan dan Minuman

Permintaan akan minuman dan makanan tidak akan pernah menurun, termasuk di saat pandemi. Hanya saja bisnis makanan dan minuman yang bisa menyesuaikan diri dengan kondisilah yang akan bisa bertahan dan punya banyak pelanggan. Berikut adalah beberapa resep agar bisnis makanan dan minuman tetap bagus permintaannya.

a. Mengutamakan penjualan delivery dan take-away
b. Mengecek suhu tubuh karyawan dan pelanggan
c. Mewajibkan karyawan memakai masker sepanjang hari
d. Membersihkan area servis dengan disinfektan setiap saat
e. Menyediakan tempat cuci tangan untuk karyawan dan pelanggan

5. Jasa Telekomunikasi

Mengapa perusahaan Jasa Telekomunikasi bisa bertahan, atau bahkan diuntungkan? Tentu saja karena di kondisi pandemi seperti ini, orang-orang banyak atau hampir seluruhnya beraktivitas di rumah, mulai dari belajar, bekerja, olahraga, hingga membuat laporan keuangan pun dari rumah, di mana tentunya aktivitas tersebut memerlukan dukungan jaringan telekomunikasi supaya bisa terhubung satu sama lain.

6. Jasa Logistik

Karena semua aktivitas dijalankan di rumah, otomatis permintaan masyarakat mengenai Jasa Logistik meningkat pesat, terutama sektor belanja Online. Tak lupa mereka juga tetap mematuhi protokol-protokol kesehatan agar tetap bisa mendistribusikan pengiriman ke seluruh daerah di Indonesia.

Perusahaan-perusahaan yang disebutkan di atas bisa bertahan saat pandemi selain karena permintaan yang meningkat dan melakukan inovasi juga karena mereka mampu mengatur, merencanakan, dan mengatur keuangannya dengan baik. Nah, untuk mengatur keuangan perusahaan dengan cepat dan rapi gunakan software akuntansi Easy System yang telah digunakan banyak perusahaan dan dapat disetting untuk Work From Home (WFH).

Untuk informasi lengkap dan penawaran terbaik software akuntansi Easy System silakan hubungi tim marketing kami di nomor 0878 7717 7119.