New Feature EABT (Exclusive Access for Branch Transaction)

EABT (Exclusive Access for Branch Transaction)

EABT adalah fitur yang berfungsi sebagai pembatasan transaksi antar cabang yang dilakukan oleh pengguna dalam suatu sistem. Hal itu berarti pengguna satu dengan lainnya yang berbeda cabang, tidak akan bisa melakukan aktifitas atau dibatasi hak aksesnya terhadap transaksi yang dibuat masing-masing pengguna dan sebaliknya, jika pengguna satu dengan yang lainnya sama cabang, bisa melakukan aktifitas atau tidak dibatasi hak aksesnya terhadap transaksi yang dibuat masing-masing pengguna.

 

 


 

7 tipe pengguna yang dapat digunakan pada fitur EABT adalah sebagai berikut :

 

  • Administrator

Dapat mengakses aktifitas lihat pada daftar, edit dan hapus semua transaksi yang dibuat setiap User, Supervisor dan Administrator di semua cabang.

  • Supervisor dengan cabang

Dapat mengakses aktifitas lihat pada daftar, edit dan hapus semua transaksi yang dibuat setiap User dan Supervisor di cabang yang sama.

  • Supervisor tanpa cabang

Dapat mengakses aktifitas lihat pada daftar, edit dan hapus semua transaksi yang dibuat setiap User, Supervisor dan Administrator tanpa cabang.

  • User dengan cabang dan izin akses cabang

dapat mengakses aktifitas lihat pada daftar, edit dan hapus semua transaksi yang dibuat setiap User dan Supervisor di cabang yang sama.

  • User tanpa cabang dan izin akses cabang

Dapat mengakses aktifitas lihat pada daftar, edit dan hapus semua transaksi yang dibuat setiap User, Supervisor dan Administrator tanpa cabang.

  • User dengan cabang dan tanpa izin akses cabang

Dapat mengakses aktifitas lihat pada daftar, edit dan hapus semua transaksi yang hanya dibuat User itu sendiri.

  • User tanpa cabang dan tanpa izin akses cabang

Dapat mengakses aktifitas lihat pada daftar, edit dan hapus semua transaksi yang dibuat setiap User, Supervisor dan Administrator tanpa cabang.

 


 

Langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur EABT pada program EAS3 adalah sebagai berikut:

  1. Pilih menu Alat Bantu lalu klik Preferensi
  1. Pilih Fitur lalu centang pilihan Aktifkan EABT (Exclusive Access for Branch Transaction) dan Gunakan kode transaksi per User.
  2. Setelah fitur EABT (Exclusive Access for Branch Transaction) diaktifkan, pengaturan cabang (branch) di Master Data telah tersedia.
  3. Pilih menu Daftar, pilih Master Data lalu klik Cabang.
  4. Daftarkan nama cabang yang akan disertakan ke dalam sistem. Klik baru, masukkan kode cabang dan nama cabang, lalu klik Simpan dan Keluar.Setelah cabang telah didaftarkan, maka cabang dapat digunakan kepada masing-masing user atau pengguna di daftar user atau pengguna.
  5.  Pilih Menu utama, pilih pengguna lalu klik Tambah Pengguna.Terdapat 3 level pengguna, yaitu : Administrator, Supervisor dan User
    1. Administrator

    Administrator adalah level yang paling tinggi, semua aktifitas yang tersedia dapat dilakukan dan termasuk aktifitas dan kontrol terhadap semua cabang, jadi tidak ada pengaturan cabang di level ini, hanya ada penambahan kode transaksi untuk keperluan transaksi yang dilakukan oleh pengguna level Administrator.

    2.  Supervisor

    Supervisor adalah level dibawah Administrator dan diatas User. Aktifitas di level ini dapat dibatasi dan pengaturan cabang dapat ditentukan beserta kode transaksi-nya.

    3.  User

    User adalah level yang paling bawah. Aktifitas di level ini dapat dibatasi dan pengaturan cabang dapat ditentukan beserta kode transaksi-nya. Terdapat lagi pembatasan di dalam fitur EABT, yaitu izinkan akses transaksi cabang di setiap aktifitas modul-modul di dalam

  6. Klik tombol Baru untuk membuat user atau pengguna baru.
  7. Aktivasi fitur EABT telah selesai sampai dengan pendaftaran user atau pengguna baru yang disertakan dengan cabang dan kode transaksi masing-masing. Semua cabang dan rinci nya dapat dilihat kembali di daftar cabang.
Pilih menu Daftar, pilih Master Data lalu klik Cabang.

Keterangan pada gambar diatas adalah tampilan pada daftar Cabang secara rinci setelah semua user atau pengguna telah didaftarkan.

Jika di klik cabang Jakarta, maka sebelah kanan di daftar pengguna-nya akan menampilkan pengguna di cabang Jakarta, begitu juga jika klik cabang Bandung, maka akan menampilkan pengguna di cabang Bandung.

Jika user atau pengguna yang tidak mempunyai cabang, akan ditampilkan pada bagian kolom daftar pengguna induk.

Tutorial EABT (Exclusive Access for Branch Transaction)

 

— Cabang Jakarta (JKT)

Ket :

Sesuaikan hak akses masing-masing pengguna dengan memperhatikan Masuk Sebagai (untuk login), Nama, Level Pengguna, Cabang, Kode Transaksi (Cabang), Kata Sandi, Modul-modul yang diberikan hak akses dan Izinkan Akses Transaksi Cabang.

 

— Cabang Semarang (SMG)

. . .

Input Sales Invoice oleh pengguna : Admin Jakarta – 2

 

Ket :

Saat membuat Sales Invoice oleh Admin Jakarta – 2, nampak nomor kode otomatis “ADM-JKT2” disambung dengan kode Sales Invoice-nya.

 

— Daftar Sales Invoice oleh Admin Jakarta – 2

Ket :

Daftar Sales Invoice menampilkan transaksi yang dibuat oleh Admin Jakarta – 2, sesuai dengan hak akses yang diberikan, daftar yang ditampilkan hanya transaksi yang dibuat oleh Admin Jakarta – 2 dan semua transaksi yang se-cabang, karena juga diberikan “Izinkan Transaksi Cabang”. Transaksi yang tidak dapat ditampilkan adalah transaksi yang dibuat oleh Administrator dan pengguna dengan cabang yang berbeda.

 

— Daftar Sales Invoice oleh Admin Semarang – 2

Ket :

Daftar Sales Invoice tidak menampilkan transaksi, walaupun ada transaksi Sales Invoice yang dibuat dibuat oleh Admin Jakarta – 2. Daftar tidak ditampilkan karena Admin Semarang – 2 dan Admin Jakarta – 2 berbeda cabangnya.

 

— Daftar Sales Invoice oleh Administrator

 

Ket :

Daftar Sales Invoice menampilkan semua transaksi yang dibuat oleh semua pengguna karena Administrator adalah tingkatan yang paling tinggi hak aksesnya.

 

. . .

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.