Tips Mengatur Keuangan Perusahaan di Saat Pandemi Corona

Saat ini di berbagai penjuru dunia sedang menghadapi pandemi virus corona. Indonesia juga sedang berjuang menghadapi pandemi ini. Selain berbahaya bagi kesehatan, pandemi virus corona juga memberi dampak di bidang lain misalnya ekonomi. Untuk menghadapi kondisi ekonomi di saat wabah ini akan kami berikan beberapa tips mengatur keuangan perusahaan.

Langkah-langkah berikut bisa Anda coba dan terapkan pada perusahaan untuk menjaga keuangan dan ekonomi perusahaan di saat yang kurang mengenakkan ini.

1. Buat Urutan Prioritas Pengeluaran

Mengatur dan melihat kembali prioritas pengeluaran perusahaanlah wajib dilakukan. Sebab, perusahaan memiliki banyak biaya yang dikeluarkan untuk operasional tiap bulannya dan semuanya harus diatur dengan baik. Biaya gaji, listrik, internet, air, konsumsi, sewa, dan banyak biaya lainnya adalah sedikit contoh pengeluaran perusahaan.

Dari sekian banyak biaya tersebut bisa dikelompokkan mulai dari yang penting hingga yang kurang penting. Dengan membuat pengelompokan ini Anda bisa melihat, mengulas, dan memutuskan biaya apa saja yang wajib dikeluarkan dan biaya apa saja yang bisa dipotong, ditangguhkan atau ditunda.

2. Mengurangi Jumlah Pengeluaran

Langkah kedua ini berkaitan dan merupakan tindak lanjut dari langkah pertama yang disebut di atas. Setelah urutan prioritas pengeluaran dibuat, perusahaan dapat menentukan biaya mana saja yang bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan. Beberapa biaya yang bisa dipangkas antara lain biaya rapat di hotel atau restoran, konsumsi rapat, lembur, pelatihan, dan lainnya.

Di saat seperti ini perusahaan harus jeli dan berani mengambil keputusan untuk mengetatkan ikat pinggang. Jika salah membelanjakan anggaran, bisa-bisa keuangan akan menjadi goyah. Untuk itulah mengurangi pengeluaran harus dilakukan secara cermat dan efektif.

3. Membuat Rencana Keuangan ke Depan

Meski sedang mengalami masa sulit, para pembuat keputusan dalam perusahaan diwajibkan untuk tetap fokus dan mampu membaca situasi ke depan. Hal penting yang harus dilakukan adalah mengevaluasi penghasilan yang didapat selama wabah virus corona. Catatlah besaran penghasilan yang didapat dengan rapi. Hitung dan catat dengan rapi pula untuk pengeluarannya.

Dari catatan pemasukan dan pengeluaran tersebut kemudian dibuat hitung-hitungan kasar misalnya untuk tiga bulan ke depan. Dengan perencanaan tersebut minimal perusahaan akan tahu bagaimana menghadapi beragam kemungkinan dan cara meminimalisir dampaknya.

4. Update Informasi Mengenai Tagihan Bank dan Kreditor

Pada saat darurat seperti ini biasanya akan memunculkan kebijakan darurat juga, misalnya dari pemerintah maupun bank. Nah, jika perusahaan memiliki hutang ke bank maka Anda wajib mencari tahu apakah ada kebijakan khusus terkait Covid-19. Sebab, di luar banyak informasi seputar keringanan pembayaran kredit yang beredar dan belum tentu benar.

Itulah langkah-langkah yang bisa diterapkan untuk mengatur keuangan perusahaan di saat pandemi virus corona. Bagi Anda perusahaan yang ingin keuangannya tetap rapi dan teratur di saat seperti ini bisa mengandalkan software akuntansi Easy Accounting System. Dengan EASY Anda bisa mengatur keuangan baik dari kantor maupun saat bekerja dari rumah, sebab software Easy Accounting System bisa disetting agar bisa diakses secara online.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak seputar Easy Accounting System bisa langsung menghubungi tim marketing kami di nomor 0838 7717 7119. Demikian informasi singkat dan ringan yang bisa kami berikan. Stay safe and healthy.