2 Formula Mengatur Gaji Bulanan Agar Tidak Langsung Habis & Masih Bisa Ditabung

Momen gajian adalah saat-saat yang selalu dinanti oleh para karyawan, entah itu yang gajian di akhir bulan atau di awal bulan. Rasa senang dan bahagia selalu meliputi di saat menerima upah atas kerja keras selama sebulan. Sehingga tak jarang upah yang baru saja diterima tersebut langsung dibelanjakan untuk hal-hal yang menyenangkan, tak jarang pula uang gajian langsung hilang melayang tak lama setelah diterima. Tentu kita tak ingin hal itu menimpa diri atau terus-terusan terjadi. Agar uang gajian tidak langsung melayang dan masih bisa ditabung, mari kita coba praktikkan 2 formula mengatur gaji bulanan agar tidak langsung ludes.

Formula 40-30-20-10

formula mengatur gaji bulanan - 40302010

Formula yang umum dipakai dan diterapkan untuk mengatur penghasilan adalah formula 40-30-20-10. Berikut ini adalah penjabaran dari formula tersebut.

40% untuk Kebutuhan

Angka 40% untuk mencukupi kebutuhan pribadi selama sebulan bisa dibilang cukup ideal. Uang sebesar hampir setengah dari gaji bulanan ini bisa dipakai untuk biaya makan, minum, transportasi, pulsa, pakaian, dan hiburan. Meskipun terhitung lumayan besar, alangkah lebih baik jika pos pengeluaran pribadi ini dipisah-pisah lagi, misalnya biaya untuk makan dan minum karena termasuk kebutuhan dasar. Dan pastinya jangan boros untuk urusan yang sifatnya hiburan, sebab bisa-bisa jatah untuk makan atau malah uang yang harusnya ditabung justru tersedot demi hiburan semata.

30% untuk Cicilan dan Tagihan

Ada beberapa kebutuhan yang harganya mahal sehingga mungkin langsung bisa dibayar secara tunai dan biasanya dibeli dengan skema cicilan. Rumah dan kendaraan adalah sesuatu yang bisa dan biasa dicicil. Dan kita juga tidak perlu merasa malu jika memiliki cicilan, yang penting kita bisa mendapatkan kebutuhan tersebut dan bisa membayar cicilan tepat waktu. Karena biaya cicilan ini biasanya memiliki konsekuensi keterlambatan berupa denda maka pisahkan dan langsung bayarkan cicilan secara tepat waktu.

Pisahkan 20% untuk Ditabung dan Investasi

Banyak orang yang susah untuk menabung dengan alasan bingung berapa jumlah yang harus ditabung tiap bulannya. Padahal yang namanya menabung itu tidak ada jumlah minimal maupun maksimalnya, tetapi kalau memang butuh angka yang lebih pasti sisihkan 20 persen dari penghasilan untuk ditabung. Selain menabung kamu juga bisa menggunakan dana tersebut untuk investasi. Sebagai catatan pilihlah investasi yang aman, misalnya untuk membeli saham atau reksadana.

Sisihkan 10% untuk Berbuat Kebaikan

Berbuat baik itu tidak tergantung dari seberapa besar penghasilan karena berapapun besarnya, kebaikan tetaplah kebaikan. Untuk itu, sisihkan 10% dari gajimu untuk berbuat baik entah itu untuk sedekah, donasi, membantu teman dan saudara, atau untuk kegiatan-kegiatan positif di sekitarmu. Yang jelas jangan ragu untuk berbuat baik kapan pun dan di mana pun.

Formula 50-30-20

formula mengatur gaji bulanan - 50-30-20

Agak berbeda sedikit dengan formula pertama, di formula 50-30-20 pos-pos alokasi relatif sama hanya nominalnya sedikit berbeda dan ada satu pos alokasi yang tidak ada. Mari kita bahas formulanya satu per satu.

Setengah Penghasilan untuk Kebutuhan

Setelah menerima pendapatan bulanan, pisahkan separuhnya dan mulai rencanakan kebutuhan untuk sebulan. Pandai-pandailah dalam mengatur biaya kebutuhan bulanan. 50% memang terlihat angka yang besar, namun bila tidak dikelola benar pasti akhirnya tidak cukup juga. Gunakan 50% dari gaji untuk mencukupi kebutuhan mulai dari makan, transportasi, sewa, tagihan, cicilan, dan lain-lain.

30% untuk Memenuhi Keinginan

Setelah memastikan kebutuhan sebulan bisa tercukupi, barulah anggarkan 30% gaji untuk menuruti keinginan pribadi. Contoh dari keinginan di antaranya gadget, fashion, make up, konser, bioskop, dan lain-lain. Jika ternyata daftar keinginan ada banyak dan dananya tidak mencukupi, tundalah keinginan tersebut untuk bulan ke depan agar budget tetap aman.

Tabungan 20% Pendapatan

Berapa pun pendapatan pastikan untuk menyisihkannya untuk ditabung. Ada banyak manfaat dari menabung, salah satunya untuk keperluan tak terduga di masa depan. Jika memiliki tabungan, setidaknya Anda punya dana cadangan jika setiap saat ada pengeluaran yang tak terduga.

Demikianlah dua formula untuk mengatur gaji bulanan yang bisa Anda contoh dan praktikkan. Pakai formula yang terbaik dan yang paling cocok untuk mengatur gaji bulanan. Selain mengatur keuangan pribadi, pastikan Anda mengatur juga keuangan usaha atau tempat Anda bekerja. Sebab banyak manfaat yang bisa didapat dari mengatur keuangan perusahaan.

Untuk urusan keuangan perusahaan, Anda bisa mempercayakannya kepada software akuntansi Easy System. Dengan produk seperti Easy 6, Easy Mobile, dan Easy Cloud plus banyak fitur unggulan, kami siap memudahkan Anda saat mengelola finansial. Jika Anda tertarik menggunakan Easy System, silakan langsung hubungi tim marketing kami di nomor (021)225 451 83 atau 0838 7717 7119 (WhatsApp).