Mengatasi Masalah Stok Barang dengan Software Akuntansi

Stok Barang - masalah stok barang

Software Akuntansi banyak dicari belakangan ini, entah karena tipikal orang Indonesia yang senang ikut-ikutan atau promosi dari salah satu vendor Software Akuntansi. Tetapi, saya juga ikut “termakan” promo ini, “nothing to lose” pikir saya. Apalagi kalau nanti bermanfaat kan malah untung. Ternyata setelah menggunakan, Software Akuntansi ini sungguh melebihi ekspektasi dan bisa mengatasi masalah stok barang yang saya alami.

Beberapa bulan sebelumnya, tepatnya di bulan agustus 2015 di saat low season penjualan, rencana perusahaan memakai Software Akuntansi mulai digaungkan. Karena momen sepi ini saya gunakan sebaik mungkin untuk mengevaluasi bersama tim dan membahas hal-hal apa yang perlu ditingkatkan untuk memudahkan langkah setahun ke depan. Khususnya saat menghadapi bulan Januari 2016. Langkah evaluasi tersebut dimulai dengan merunut berbagai masalah stok barang di antaranya:

1. Waktu respon sales mengetahui posisi stok masih lambat.

2. Banyak stok mati.

3. Kebocoran di stok dan keuangan.

4. Piutang macet menumpuk.

5. Laporan stok tidak update.

6. Banyak pengeluaran insidental karena tidak ada budgeting.

Karena 6 problem di atas, maka kami di kantor bersama-sama mencari solusi sederhana yang bisa diaplikasikan dengan biaya rendah. Ya, satu kata kunci adalah hemat biaya, karena dengan pengeluaran yang sudah banyak di periode sebelumnya tanpa adanya budgeting yang jelas, pengeluaran perusahaan sudah cukup besar sehingga jadi tantangan tersendiri untuk tetap survival dengan modal yang ada.

Maka wacana Software Akuntansi pun akhirnya muncul, karena low budget maka otomatis yang perlu diubah hanyalah cara kerja dan kemauan tim untuk mengimplementasi Software Akuntansi tersebut di tengah roda kerja perusahaan yang masih terbiasa dengan system komputerisasi manual menggunakan excel dan word.

Tantangan menggunakan Software Skuntansi pun banyak, khususnya dari pihak yang akan menggunakannya sehari-hari. Berbagai kendala disampaikan yang sepertinya masuk akal, mulai dari kekhawatiran respon time pelayanan makin lambat karena harus entry data, kalau terjadi error di software akuntansinya maka data-data laporan keuangan bisa hilang sampai tentangan yang tidak masuk akal seperti kapok menggunakan Software Akuntansi berbasis online.

Tapi keinginan untuk lebih baik menjadi spirit utama dalam diskusi tim hari itu, sehingga keputusan bulat akhirnya dicapai. Bahwa menggunakan Software Akuntansi harus dicoba, mengeluh boleh, menentang juga boleh asalkan ada solusi lain yang lebih baik. Kalau hanya keluhan dan tentangan tanpa solusi maka wajib untuk tidak didengarkan.

Manfaat langsung dirasakan, begitu pula hasil dari solusi sederhana untuk mulai menggunakan Software Akuntansi. Dan saat mulai, manfaat mulai terasa karena pihak sales ternyata jadi lebih cepat melayani customer karena hanya dalam hitungan detik sudah tahu masalah stok barang masih atau kosong, tingkat kebocoran stok drastis berkurang walaupun belum nol sama sekali tapi setidaknya angka dibawah 1% itu sudah masuk kategori bagus, belum lagi kondisi piutang macet yang sudah tidak ada lagi ini sangat menggembirakan pihak collection dan keuangan, hikmah dari semua ini saya rasakan salah satunya adalah manfaat dari menggunakan Software Akuntansi.

Kesimpulan dari cerita di atas adalah banyak manfaat yang akan Anda dapat dengan menggunakan Software Akuntansi. Kemungkinan Anda belum menyadarinya sekarang, tetapi akhirnya Omset perusahaan Anda akan meningkat saat menggunakannya.

software akuntansi EASY 5

Bila Anda termasuk 60% pemilik bisnis yang belum menggunakan Software Akuntansi, silakan pertimbangkan untuk menggunakan Easy Accounting System yang bisa memberikan solusi mengenai bisnis Anda. Berikut adalah beberapa kecanggihan teknologi yang dimiliki Easy Accounting System:

  • System Online yang Lebih Cepat
  • Format Laporan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan perusahaan
  • EASY Mobile
  • Support E-Faktur
  • Import Transaksi (Jurnal Umum, Sales Order, Sales Invoice, dan Work Order)
  • System Exclusive Access for Branch Transaction

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk software akuntansi yang cocok dengan perusahaan Anda atau demo Easy Accounting System di kantor Anda, silakan menghubungi:

Novi Yanirahmawati

SMS : 0838-771-77119
Email : marketing@easyaccountingsystem.co.id

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.