Ingin Memulai Bisnis? Simak Dulu Tip Berikut Agar Bisnis Sukses

Saat ingin memulai sesuatu harus didahului dengan perencanaan dan pengetahuan yang cukup agar apa yang dikerjakan menuai hasil memuaskan. Demikian juga saat memulai bisnis, ada beberapa hal yang harus dilakukan terlebih dahulu. Hal-hal tersebut wajib dilakukan sebab berfungsi sebagai landasan sekaligus tujuan bagi bisnis nantinya.

Hal yang perlu dilakukan sebelum memulai usaha ini tidak terlalu sulit direalisasikan namun butuh niat dan kesungguhan agar hasilnya maksimal. Berikut adalah tip untuk Anda semua yang ingin membangun usaha mulai dari awal.

5 tip sebelum memulai bisnis - Easy System

1. Mengenali Pasar dan Target Pasar yang akan Dituju

Target pasar adalah kelompok konsumen yang menjadi tujuan perusahaan agar membeli produk dari perusahaan. Target pasar biasanya punya usia dan karakter yang mirip. Untuk itu, ketahui dulu seperti apa target pasar dari bisnis Anda. Apakah itu anak kecil, anak usia sekolah, remaja, atau orang dewasa. Dari target pasar ini barulah kita akan bisa menentukan seperti apa kemasan produk dan cara pemasaran produk kita. Dengan demikian produk kita nantinya akan lebih mudah menjangkau target pasar dan lebih mudah terjual.

2. Menentukan Lokasi Bisnis Strategis

Sebuah usaha yang berlokasi di pertokoan di pinggir jalan yang ramai akan lebih laris dibanding sebuah usaha yang ada di pertokoan di jalan yang sepi. Jadi, bisa dikatakan bahwa posisi usaha yang strategis akan mendatangkan lebih banyak calon konsumen. Maka pilih lokasi usaha yang strategis dan dekat dengan keramaian.

Karena sekarang sudah di era digital dan serba internet makna lokasi bisnis strategis juga tidak selalu lokasi fisik saja. Lokasi bisnis strategis di era digital ini yaitu media sosial (Instagram, Facebook, dll) juga market place. Maka selain punya toko milikilah juga ‘toko’ yang berada di media sosial dan market place. Dan jangan lupa buat ‘toko’ digital Anda semenarik mungkin untuk menarik konsumen.

3. Memahami Risiko Wirausaha

Dalam berbisnis ada beberapa risiko yang nantinya akan dihadapi oleh pengusaha. Risiko tersebut antara lain risiko pasar, risiko strategi, risiko operasional, dan risiko finansial. Cari dan pahami terlebih dulu risiko-risiko tersebut plus cara untuk mengurangi dan menghadapinya. Dari pengetahuan akan risiko ini minimal kita akan jadi lebih siap saat suatu waktu menghadapinya dan bisa mengatasinya tanpa panik dan reaksi yang berlebihan.

4. Mengurus Izin Usaha

Saat memulai bisnis, alangkah baiknya jika semua yang terkait usaha Anda sifatnya legal. Yang paling pertama dan utama adalah terkait izin usaha Anda. Urus dan buatlah izin usaha, karena setiap pengusaha, baik berskala mikro, kecil, menengah, maupun besar, memiliki kewajiban untuk melakukan pengurusan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan). Apalagi kini proses pembuatannya makin mudah. Dengan memiliki izin maka usaha Anda akan semakin kredibel dan mendapatkan perlindungan hukum.

5. Menyiapkan Software Akuntansi untuk Mengurus Laporan Keuangan

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan saat memulai bisnis adalah urusan keuangan dan laporan-laporannya. Permudah urusan finansial bisnis Anda dan pakai software akuntansi. Dengan software akuntansi laporan keuangan akan jadi lebih rapi, minim kesalahan, dan dapat dicek sewaktu-waktu. Dan yang utama Anda bisa melihat seberapa sehat kondisi bisnis, jadi bisa diambil keputusan-keputusan untuk jangka pendek maupun panjang.

Untuk tip nomor 5, Anda bisa mempercayakan urusan laporan keuangan kepada software akuntansi Easy System. Easy System telah dipercaya oleh banyak usaha di Indonesia. Selain itu, Easy System punya beberapa varian dengan value for money terbaik.

Anda bisa buktikan sendiri kemudahan Easy System dengan melakukan trial atau meminta demo presentasi. Silakan hubungi tim marketing kami di nomor (021) 225 451 83 atau 0838 7717 7119 (WhatsApp).