Membuat Anggaran Bisnis Makin Bagus dengan Tip Cerdas Berikut

membuat anggaran bisnis

Ada banyak faktor yang di balik kesuksesan sebuah usaha. Salah satunya adalah perencanaan anggaran yang matang untuk kemudian direalisasikan sesuai rencana tersebut. Namun, seringkali para pelaku usaha tidak merencanakan dengan matang saat merancang anggaran untuk bisnisnya. Berikut adalah beberapa tip membuat anggaran bisnis semakin bagus dan dapat direalisasikan.

Sebelum membahas tipnya, pertama perlu diketahui dulu definisi dari anggaran beserta fungsinya. Anggaran adalah Anggaran adalah suatu rencana yang disusun secara sistematis, yang meliputi seluruh kegiatan perusahaan, yang dinyatakan dalam unit moneter yang berlaku untuk jangka waktu tertentu di masa yang akan datang. Adapun beberapa fungsinya yaitu:

  • Semua kegiatan perusahaan dapat terarah pada pencapaian tujuan bersama.
  • Menghindari pemborosan dan pembayaran yang kurang perlu.
  • Implementasi anggaran dapat menciptakan alat untuk pengawasan kegiatan perusahaan.
  • Pemakaian anggaran dapat membantu manajemen di dalam pengambilan keputusan untuk memilih beberapa alternatif yang akan diambil.

Banyak sekali bukan manfaat dari anggaran? Untuk itu mari baca dan segera praktikkan tip cerdas membuat anggaran bisnis berikut ini.

1. Mencari Tahu Biaya dan Pengeluaran

Pengusaha harus meriset semua biaya dan pengeluaran agar tidak kecolongan dari biaya-biaya tak terduga yang harus dikeluarkan perusahaan. Sebab, biaya tak terduga tersebut dapat mengacaukan perencanaan yang telah dibuat dan dapat menyulitkan perusahaan mencapai tujuan ke depan. Dengan mencari tahu biaya-biaya, pengusaha bisa lebih matang merancang dan merencanakan anggaran untuk menjalankan bisnisnya.

2. Membuat Perkiraan Pemasukan

Menghitung perkiraan pemasukan dalam satuan bulanan, semester, atau tahunan adalah suatu keharusan jika ingin usaha Anda sukses. Mengapa membuat proyeksi penting? Pertama, proyeksi ini adalah target bagi Anda maupun tim yang harus dicapai. Selain itu dari proyeksi ini bisa ditentukan target pertumbuhan bisnis realistis yang ingin perusahaan raih dalam jangka waktu tertentu.

3. Memperhatikan Tren Industri dan Ekonomi

Yang namanya bisnis pasti mengalami pasang dan surut. Tandai bulan atau masa pasang dan masa surut bisnis Anda ke dalam rencana anggaran tahunan. Kemudian cari tahu apakah pasang dan surut tersebut berhubungan dengan tren industri atau ekonomi pada saat itu. Dari situ Anda bisa tahu atau paling tidak punya prediksi atas pasang-surut tersebut dan bisa mengantisipasi tren industri dan ekonomi yang akan terjadi.

4. Diskusi Anggaran dengan Tim

Saat membuat anggaran perusahaan tentu ada beberapa kepala yang perlu terlibat karena hal ini sangatlah penting. Semua yang berkepentingan di perusahaan wajib tahu perencanaan anggaran. Dengan pengetahuan atas anggaran tersebut, diharapkan tiap divisi bisa mengefektifkan pengeluaran namun tetap bisa menghasilkan pemasukan yang jauh lebih besar. Selain itu pemahaman akan anggaran bisa membuat setiap orang di perusahaan tahu apa yang harus dikerjakan sesuai rencana dan anggaran perusahaan.

5. Prioritaskan Investasi

Beri porsi lebih untuk pengeluaran yang sifatnya investasi untuk perusahaan. Misalnya pelatihan skill untuk karyawan atau membeli hardware atau software. Jangan takut untuk mengeluarkan uang untuk kebutuhan tersebut, sebab nantinya keuntungannya akan kembali dan dirasakan oleh perusahaan.

6. Lakukan Review Rutin

Selain membuat anggaran bisnis, sekalian buat juga jadwal rutin untuk mereview anggaran tersebut. Mengapa anggaran harus direview secara berkala? Dengan melakukan hal tersebut Anda bisa tahu bahwa penyerapan anggaran berada di trek yang benar atau tidak dan dapat segera diatasi apabila dirasa kurang sesuai penerapannya.

Demikianlah beberapa tip membuat anggaran yang bisa Anda terapkan langsung di perusahaan. Bila dirasa Anda butuh data-data keuangan perusahaan untuk membuat anggaran, Anda bisa menggunakan software akuntansi Easy System. Easy System dapat mempermudah pembuatan dengan menyajikan data, faktur, dan laporan yang valid sekaligus relevan.

Bagi Anda yang belum memakai software, Easy System segera gunakan software ini sebab banyak sekali manfaat di dalamnya. Jika Anda tertarik untuk melakukan trial/download software kami atau ingin mencari info lebih lanjut silakan hubungi tim marketing kami di nomor 0838 7717 7119.