Latar Belakang, Manfaat Serta Tujuan Pajak Amnesty

Di artikel sebelumnya sudah dibahas tentang Apa itu Pajak Amnesty serta Bagaimana Proses Amnesti Pajak tersebut kan? Yang masih belum baca, bisa dilihat disini ya….. Cara Ikut Program Tax Amnesty

ilustrasi pajak amnesty

Latar Belakang Pajak Amnesty

  • Moderasi Pertumbuhan Ekonomi Global
  • Perekonomian Amerika Yang Belum Stabil
  • Perlambatan Pertumbuhan Tiongkok
  • Ketidakpastian Kebijakan Moneter
  • Harga Komoditas Menurun
  • Risiko Geopolitik: Timur Tengah & Brexit

Manfaat Amnesti Pajak

1. Untuk Pemerintahan

Dengan diberlakukannya tax amnesty atau pengampunan pajak ini maka akan menambah penghasilan pernerimaan baru dimana penambahannya dirasa cukup efektif dalam mengurangi penerimaan negara yang semakin berkurang. Dengan diterapkannya tax amnesty atau pengampunan pajak ini maka secara otomatis akan menarik dana yang terdapat di luar negeri ke Indonesia yang menjadikannya masuk ke dalam pencatatan untuk sumber pajak baru. Amnesti pajak yang diasumsikan oleh pemerintah sebanyak Rp.60 triliun yang tercantumpada APBN 2016. Nominal tersebut berasal dari tarif tebusan sebesar 3% dari dana yang masuk yaitu sekitar Rp. 2.000 triliun.

2. Untuk Pengembang

Dengan diberlakukannya amnesti pajak atau pengampunan pajak ini maka membuat sektor properti mengalami pertumbuhan untuk tahun berikutnya. Kebijakan ini berhubungan dengan pajak yang menjadikan indikator untuk kebangkitan sebuah bisnis proprtyi yang ada di Indonesia. Tax amnsty ini sangat dipercaya untuk memberikan sebuah pengaruh terhadap pengembang untuk dapat terus berhubungan dengan para investor. Para investor selama ini merasa tidak mau untuk menamkan modalnya di Indonesia karena negara Indonesia mempunyai pajak properti yang tergolong sangat tinggi.

3. Untuk Investor

Bukan hanya dari pemerintah dan pengembang saja yang merasa senang dengan kabar ini, hadirnya tax amnesty atau pengampunan pajak ini juga sangat disambut baik oleh para investor. Dengan adanya tax amnesty akan memberikan keuntungan terhadap kegiatan bisnis. Amnesti pajak ini dapat membuat para konsumen serta investor untuk lebih berani lagi melakukan pembelian terhadap properti. Dengan demikian, para investor tidak merasa takut lagi untuk melakukan pembelian properti.

Tujuan Pajak Amnesty

  1. Repatriasi atau menarik dana warga negara Indonesia yang ada di luar negeri.
  2. Untuk meningkatkan pertumbuhan nasional.
  3. Lebih meningkatkan basis perpajakan nasional, yaitu aset yang disampaikan dalam permohonan pengampunan pajak dapat dimanfaatkan untuk pemajakan yang akan datang.
  4. Meningkatkan penerimaan pajak tahun ini.

“Kebijakan pengampunan pajak akan menghasilkan penerimaan negara dari uang tebusan yang dibayarkan wajib pajak yang mengikuti program tersebut”

Kunci sukses yang bisa dipelajari dari penerapan pengampunan pajak yaitu:

Pertama adalah rancangan kebijakan harus menjadi titik tolak dari sistem perpajakan yang baru melalui rekonsiliasi data.

Kedua, Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) harus memiliki data yang akurat, serta membangun administrasi pajak yang kuat dan efektif.

Ketiga, Pelaksanaan pengampunan pajak harus didukung dengan prosedur yang jelas dan mengikat bagi semua wajib pajak yang mengajukan pengampunan.

Keempat, Langkah pengampunan pajak harus dilengkapi dengan penegakan hukum yang tegas.

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi EASY yang cocok dengan Perusahaan Anda atau Download Gratis dan Demo Software Akuntansi EASY di Kantor Anda, Silakan Menghubungi:

Novi Yanirahmawati

WhatsApp : 0838 7717 7119

Telepon: 021 225 451 83

Email : marketing@easyaccountingsystem.co.id

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.