Tip Cerdas Membuat Laporan Akhir Tahun di Perusahaan

Salah satu aktivitas akuntansi yang biasanya dilakukan di perusahaan saat akhir tahun adalah membuat laporan tutup buku. Aktivitas ini dimaksudkan untuk melihat posisi keuangan perusahaan sekaligus untuk menilai kinerja perusahaan pada tahun tersebut. Nah, mengingat fungsinya yang penting bagi perusahaan maka laporan tutup buku harus dibuat dengan baik. Berikut adalah beberapa tip untuk membuat laporan akhir tahun dan tutup buku.

tip membuat laporan akhir tahun - Easy 6

1. Hitung Seluruh Pengeluaran Bisnis

Hitung apa saja pengeluaran dan biaya yang dihabiskan oleh perusahaan selama setahun. Dari daftar pengeluaran tersebut, dapat diketahui dan dipetakan prioritas pengeluaran bisnis. Jadi, Anda bisa memangkas atau mengurangi pengeluaran yang sifatnya tidak terlalu urgent. Dan dari daftar tersebut bisa kita jadikan acuan untuk membuat rencana anggaran di tahun depan.

2. Menagih Pembayaran dari Pelanggan

Memastikan semua uang masuk ke perusahaan wajib dilakukan, terlebih pada akhir tahun. Untuk itu cari tahu kemudian tagih semua pembayaran yang belum dilunasi oleh para pelanggan. Berikut adalah beberapa cara agar pelanggan segera melakukan pembayaran:

  • Mengirim pengingat kepada pelanggan via email atau chat.
  • Buat tanggal jatuh tempo.
  • Buat payment plan untuk pelanggan.

Yang perlu diingat, saat menagih pembayaran lakukan secara profesional, sabar, sopan, dan penuh respek agar Anda tidak kehilangan pelanggan.

3. Lakukan Rekonsiliasi Rekening Bank

Satu hal yang penting dilakukan saat proses tutup buku adalah rekonsiliasi rekening bank. Aktivitas ini dilakukan untuk memastikan bahwa nilai yang ada di pembukuan sama dengan yang ada di rekening bank. Bandingkan dan periksa secara teliti pembukuan dan rekening Anda. Jika ada perbedaan, cari tahu apa penyebabnya. Jika penyebabnya sudah ditemukan, lakukan penyesuaian di pembukuan Anda.

4. Hitung Inventaris & Perbarui Aset

Sebuah bisnis pastinya mempunyai inventaris dan aset. Nah, sebelum akhir tahun, hitung dengan cermat semua barang inventaris yang ada. Lalu cocokkan jumlahnya dengan catatan yang ada di sistem. Menghitung inventaris dapat membantu Anda mengetahui berapa jumlah inventaris, nilai inventaris, dan depresiasinya.

5. Buat Laporan Akhir Tahun dengan Software Akuntansi Easy System

Tip terakhir adalah tip yang paling memudahkan Anda semua untuk membuat laporan tutup buku. Dengan software akuntansi Easy System Anda bisa membuat laporan akhir tahun dengan cepat, mudah, dan pastinya valid. Laporan-laporan lain yang ada di Easy System juga bisa dijadikan pendukung data untuk membaca kondisi perusahaan.

Demikian beberapa tip yang bisa langsung Anda praktikkan untuk mempermudah proses laporan akhir tahun Anda. Dan jangan lupa untuk menggunakan software akuntansi Easy System agar proses pelaporan Anda makin mudah. Bila Anda tertarik menggunakan Easy System, segera hubungi tim marketing kami untuk mendapatkan penawaran spesial. Bagi Anda yang berada di Jakarta dan sekitarnya bisa menghubungi nomor (021) 225 451 83 atau 0838 7717 7119 (WhatsApp). Untuk yang berada di Surabaya dan sekitarnya bisa menghubungi nomor (031) 9978 3750 atau 0821 3433 5575 (WhatsApp).

Sekian informasi dari kami, jangan lupa untuk terus mengikuti situs ini untuk mendapatkan berita terbaru seputar software akuntansi Easy System.