Kebiasaan Buruk Mengelola Keuangan yang Harus Dihindari Selama Pandemi Corona

Covid-19 memberi banyak perubahan bagi kehidupan banyak orang dalam beberapa bulan terakhir. Dari segi kebijakan terkait kesehatan, kini orang-orang dianjurkan untuk di rumah saja dan harus memakai masker saat ke luar. Dari sisi ekonomi, virus yang sangat menular ini membuat tidak sedikit orang berkurang pendapatannya atau bahkan terpaksa dirumahkan. Agar bisa bertahan di situasi tidak menyenangkan ini tentu ada yang harus diubah dalam segi finansial. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk mengelola keuangan yang tidak boleh kamu lakukan selama pandemi corona.

1. Boros

Kebiasaan buruk yang satu ini harus jauh-jauh disingkirkan, tidak hanya selama wabah Corona tapi untuk selamanya. Sebab, kebiasaan menghamburkan uang untuk keinginan atau seuatu yang kurang penting akan membuat kondisi finansial memburuk baik jangka pendek maupun panjang. Gunakan pendapatan secara bijak dan sesuai kebutuhan agar tidak menyesal di kemudian hari.

2. Tidak Pernah Mencatat Pengeluaran

Kebanyakan orang malas atau enggan mencatat untuk apa uang mereka dikeluarkan. Padahal kebiasaan ini sangat berguna untuk melacak dan mengetahui ke mana saja uang dikeluarkan. Dari catatan ini, bisa dilihat pengeluaran apa saja yang bisa dikurangi atau dihilangkan selama dalam masa sulit. Selain itu, mencatat pengeluaran bisa melatih disiplin dan tanggung jawab seseorang atas pengeluaran yang dilakukannya.

3. Tidak Menabung

Punya banyak tabungan adalah hal yang diinginkan setiap orang. Ironisnya, hanya sedikit orang saja yang melakukan kegiatan menabung ini. Padahal punya tabungan pastilah sangat berguna, terutama di saat seperti ini di mana kondisi ekonomi memburuk. Dengan adanya tabungan seseorang akan merasa lebih nyaman sebab masih mempunyai dana cadangan yang bisa dipakai sewaktu-waktu. Untuk itu, janganlah menunda untuk menabung, mulai dari sekarang juga.

4. Tidak Berpikir untuk Jangka Panjang

Banyak orang yang punya prinsip untuk menjalani hidup demi hari. Tidak ada yang salah dengan prinsip tersebut. Namun, bukan berarti hanya mementingkan hidup untuk jangka pendek saja. Tetapkan juga rencana untuk jangka panjang atau masa depan. Dengan perencanaan jangka panjang kamu bisa lebih siap menjalani masa yang akan datang. Tidak hanya siap untuk hal baik saja tetapi juga saat ada situasi yang kurang menyenangkan seperti situasi saat ini.

Mulai perhatikan dan urus keuangan pribadi kamu dan hindari 4 kebiasaan buruk di atas. Untuk urusan keuangan ini kamu bisa mengandalkan Easy Accounting System, apalagi jika kamu memiliki usaha. Dengan Easy, pencatatan hingga laporan keuangan pribadi maupun perusahaan bisa jadi rapi.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak seputar Easy Accounting System bisa langsung menghubungi tim marketing kami di nomor 0838 7717 7119. Demikian informasi singkat dan ringan yang bisa kami berikan. Stay safe and healthy.