Jurnal Umum: Definisi, Fungsi, Format, & Contohnya di Software Akuntansi Easy 6

Berbicara mengenai akuntansi tentu terkadang tidak lepas dari yang namanya jurnal umum/general journal. Mungkin banyak yang sudah mendengar istilah tersebut namun belum sepenuhnya tahu apa arti dan fungsinya di akuntansi. Di sini kami akan membahasnya mulai dari definisi, fungsi, format, dan contohnya di software akuntansi Easy System. Pertama, definisi jurnal umum adalah langkah pertama dalam akuntansi atau pembukuan yang mencatat semua transaksi berdasar kronologinya dengan menyertakan akun yang ada di debit dan kredit.

Fungsi Jurnal Umum

fungsi jurnal umum - easy 6

1. Fungsi historis: mencatat seluruh aktivitas dan transaksi keuangan secara urut berdasarkan waktu atau tanggal terjadinya transaksi tersebut.

2. Fungsi mencatat: jurnal adalah tempat pencatatan yang rinci dan detail, di mana seluruh aktivitas dan transaksi keuangan dicatat termasuk sumbernya dan detail-detail lainnya tanpa ada yang terlewatkan.

3. Fungsi analisis: jurnal menganalisis dan menentukan akun apa yang ada di debit dan kredit.

4. Fungsi instruktif: memberi perintah untuk memasukkan dalam buku besar baik yang di debit maupun yang di kredit sesuai dengan hasil analisis dalam jurnal.

5. Fungsi informatif: jurnal memberi informasi dan keterangan tentang aktivitas dan transaksi di dalam perusahaan secara jelas.

Format Jurnal Umum/General Journal

Dalam jurnal, transaksi dicatat dengan format debit dan kredit sesuai urutan tanggal di mana yang terjadi paling awal dicatat pertama kali. Tiap jurnal memiliki detail-detail berikut ini:

1. Tanggal transaksi

2. Jumlah debit dan kredit

3. Nama akun debit dan kredit

4. Narasi pendek yang berisi deskripsi transaksi

Contoh Jurnal Umum di Software Akuntansi Easy System

Modul dan fitur di software akuntansi Easy System sangat komplet dan cocok digunakan untuk berbagai macam usaha di Indonesia. Modul general journal juga ada di dalam Easy 6, berikut kami berikan sebuah contohnya. Gambar di bawah ini adalah contoh jurnal umum perusahaan dagang dengan memakai software akuntansi Easy System.

jurnal umum easy 6

Untuk memakai general journal di Easy System sangatlah mudah. Untuk tutorial lengkap tentang fitur ini bisa dibaca di situs solusieasy.co.id.

Masih banyak fitur lain yang bisa memudahkan dan membantu Anda saat mengatur keuangan perusahaan, misalnya impor transaksi, Easy Branch, dan approval. Apabila Anda tertarik untuk mencoba atau ingin demo presentasi produk software akuntansi Easy System silakan hubungi tim marketing kami di nomor (021) 225 451 83 atau 0838 7717 7119.