FAQ

Frequently asked questions

Bagaimana cara registrasi Easy Accounting ?

Ketecapturentuan Registrasi dan Migrasi Lisensi :

  • Registrasi bisa dilakukan apabila Customer sudah melengkapi Info Perusahaan, Form Registrasi, dan mengirimkan Invoice Pembelian Easy Accounting System.
  • Mohon Lampirkan juga Printscreen ID Komputer tersebut, agar tidak terjadi kesalahan Register ID Komputer.
  • Migrasi hanya bisa dilakukan apabila Customer sudah melengkapi Form Migrasi dan memberikan Kode Unreg. Jika Kode Unreg tidak ada, maka migrasi tidak dapat diproses.
  • Apabila syarat dan ketentuan sudah lengkap email permintaan registrasi ke : registrasi@easyaccountingsystem.co.id

Bagaimana membuat database baru di Easy Accounting ?

databases

Database merupakan bagian terpenting dari suatu program, karena database berperan untuk menyimpan dan menapung semua data yang anda input di program.

Berikut cara membuat database di program easy accounting:

  • Siapkan data-data master yang di butuhkan ke dalam format excel seperti:
    • Data persediaan (stok item)
    • Data pelanggan
    • Data Pemasok
    • Data Akun – akun

Sample master database bisa di download di sini

Sebelum di import data – data master tersebut terlebih dahulu kita harus membuat database baru terlebih dahulu.


  • Membuat database baru di komputer lokal (Hard disk PC sendiri) :
  • Pertama-tama double klik di icon ‘EASY 3’ di Dekstop Anda Kemudian muncul tampilan awal seperti berikut :menu-utama
  • Klik pada Icon yang paling kiri yang bertuliskan ‘Membuat Data Perusahaan Baru’ Dan akan muncul tampilan seperti berikut :create-database-2
  • Lalu lakukan langkah berikut :
    1. Klik Folder berwarna coklat di sebelah kanan
    2. Lalu pilih tempat untuk menyimpan nya
    3. Pilih lokasi penyimpanan dan nama file kemudian klik Save dan Yadatabase-perusahaan2
  • Setelah proses menyimpan selesai akan keluar tampilan seperti ini :untitled22
    Untuk default awal
    ID pengguna : ADMINISTRATOR
    Kata Sandi : ADMINISTRATOR
  • Kemudian klik Ya
  • Database berhasil dibuat dan siap digunakan ketika muncul tampilan seperti diatas.

    A. Membuat database baru di komputer lain (server/remote) :

  • Pertama-tama double klik di icon ‘EASY 3’ di Dekstop Anda
  • Kemudian muncul tampilan awal seperti berikut :menu-utama
  • Klik pada Icon yang paling kiri yang bertuliskan ‘Membuat Data Perusahaan Baru’
  • Bila ingin menyimpan database di Hard Disk Komputer lain ( Server ) :
    1. Klik point kedua yang bertuliskan ‘ Hard disk lainnya di komputer lain (remote/Internet)’
    2. Di kolom’ Nama computer (server) atau Alamat IP’ isi dengan alamat IP komputer Server yang dituju.
    3. Di kolom ‘Nama Lokasi File’ isi dengan nama lokasi file untuk menyimpan data dengan format diakhiri dengan ‘.EAS’ (*******.EAS)
  • 4. Kemudian Klik Ya
  • untitledeqwe
  • Setelah proses menyimpan selesai akan keluar tampilan seperti ini :untitled22
  • Untuk default awal
    ID pengguna : ADMINISTRATOR
    Kata Sandi : ADMINISTRATOR
  • database-sukses
  • Database berhasil dibuat dan siap digunakan ketika muncul tampilan seperti diatas.
  • Jika sudah maka MASTER DATA yang sudah di siapkan sudah bisa di import ke dalam database baru dengan sebelumnya mengisi terlebih dahulu informasi perusahaan.

Bagaimana migrasi database interbase ke firebird 3.0 ?

unbounce-no-slider2

ATTENTION !

  • Pastikan komputer anda telah terinstall Easy Accounting System untuk versi 3.12.1 Build 1883.
  • Untuk database engine Interbase dibawah versi 3.11.6 Build 2608 lakukan upgrade terlebih dahulu ke versi tersebut (11.6 Build 2608).
  • Easy Accounting versi 3.11.6 Build 2608 dengan engine Interbase tidak diperkenankan untuk di Uninstall sebelum semua proses migrasi selesai.
  • Database sumber merupakan database Interbase Easy untuk versi 3.11.6 Build 2608.
  • Back up terlebih dahulu database yang akan dimigrasi.
  • Pastikan database yang akan dimigrasikan tidak sedang diakses/dipakai oleh user atau komputer lain.
  • Migrasi hanya dapat dilakukan untuk komputer lokal, tidak dapat mengakses dari jaringan.
  • Hanya user yang mempunyai level ADMIN dalam database yang dapat melakukan migrasi.
  • Format type file untuk Firebird adalah (.EASY), tidak lagi (.EAS)

DOWNLOAD TOOL MIGRASI DISINI

1. Install Aplikasi Migration Easy Database yang telah di download
migrasi1

Lakukan pemasangan hingga selesai ,setelah itu jalankan program migrasi tersebut.

migrasi2

2. Jalankan program migrasi yang telah terinstall

migrasi3

Kemudian isi semua kolom seperti dibawah ini

migrasi4

Pada kolom

  • Lokasi sumber database Interbase diisi dengan database yang akan dimigrasi ke firebird .
  • Username dan Password diisi dengan login level Admin yang dipakai di database tersebut.
  • Lokasi penyimpanan database firebird diisi dengan penyimpanan lokasi database hasil dari migrasi.

Setelah semua telah diisi, pastikan database yang di migrasi database dengan engine  Interbase Ver. 3.11.6.2608 , serta pastikan service Interbase masih running atau berjalan.

migrasi5

Lalu klik tombol  Mulai Migrasi dan tunggu database selesai di migrasi

migrasi6

Jika database telah selesai di migrasi buka database hasil migrasi tersebut di Ver. 3.12.1 Build 1883,dan uninstall EASY serta engine Interbase yang masih ada pada komputer anda,Lalu lakukan transaksi ke depan dengan menggunakan EASY terupdated dan database yang telah berhasil di migrasi.

migrasi7

Demikian Cara migrasi database Easy Accounting System Interbase ke Easy Firebird 3.0

Terima kasih , jika ada kesulitan dalam migrasi dapat menghubungi support kami.

Bagaimana import transaksi dari excel ke software Easy Accounting ?

Cara mengimport Pembelian Melalui Excel

Saya akan memberikan tips cara mengimport Pembelian Melalui Excel  :

  • Open template Excel mengenai Purchase Import
  • Data tersebut ada di : C:\Program Files atau Program Files (x86)\Megasoft Inc\EAS\Sample\Import Data\Purchase Invoice Import.xlsxNew Picture
  • Open data tersebut lalu sesuaikan isinya dengan data yang ingin diImport
    New Picture (1)
  • Jika sudah sesuai langkah selanjutnya adalah Import data dari excel ke Sistem
  • Buka program EAS3
  • Klik Daftar – Pembelian – Faktur Pembelian
  • Klik Import Data Pembelian
  • Klik Import Data
  • Pilih Ms.Excel 2007New Picture (5)
  • Klik logo Folder lalu pilih data yang sudah siap untuk di ImportNew Picture (3)
  • Klik Open
  • Klik Next
  • Kotak Skip Row diketik 1 lalu klik Tanda Panah Biru
  • Klik ExecuteNew Picture (4)
  • Klik Close
  • Klik simpan dan Keluar

NB: Untuk Import penjualan dan jurnal sama seperti tutorial diatas.

Bagaimana menggunakan fitur Easy Branch ?

EABT (Exclusive Access for Branch Transaction)

EABT adalah fitur yang berfungsi sebagai pembatasan transaksi antar cabang yang dilakukan oleh pengguna dalam suatu sistem. Hal itu berarti pengguna satu dengan lainnya yang berbeda cabang, tidak akan bisa melakukan aktifitas atau dibatasi hak aksesnya terhadap transaksi yang dibuat masing-masing pengguna dan sebaliknya, jika pengguna satu dengan yang lainnya sama cabang, bisa melakukan aktifitas atau tidak dibatasi hak aksesnya terhadap transaksi yang dibuat masing-masing pengguna.


7 tipe pengguna yang dapat digunakan pada fitur EABT adalah sebagai berikut :

  • Administrator

Dapat mengakses aktifitas lihat pada daftar, edit dan hapus semua transaksi yang dibuat setiap User, Supervisor dan Administrator di semua cabang.

  • Supervisor dengan cabang

Dapat mengakses aktifitas lihat pada daftar, edit dan hapus semua transaksi yang dibuat setiap User dan Supervisor di cabang yang sama.

  • Supervisor tanpa cabang

Dapat mengakses aktifitas lihat pada daftar, edit dan hapus semua transaksi yang dibuat setiap User, Supervisor dan Administrator tanpa cabang.

  • User dengan cabang dan izin akses cabang

dapat mengakses aktifitas lihat pada daftar, edit dan hapus semua transaksi yang dibuat setiap User dan Supervisor di cabang yang sama.

  • User tanpa cabang dan izin akses cabang

Dapat mengakses aktifitas lihat pada daftar, edit dan hapus semua transaksi yang dibuat setiap User, Supervisor dan Administrator tanpa cabang.

  • User dengan cabang dan tanpa izin akses cabang

Dapat mengakses aktifitas lihat pada daftar, edit dan hapus semua transaksi yang hanya dibuat User itu sendiri.

  • User tanpa cabang dan tanpa izin akses cabang

Dapat mengakses aktifitas lihat pada daftar, edit dan hapus semua transaksi yang dibuat setiap User, Supervisor dan Administrator tanpa cabang.


Langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur EABT pada program EAS3 adalah sebagai berikut:

  1. Pilih menu Alat Bantu lalu klik Preferensi
  1. Pilih Fitur lalu centang pilihan Aktifkan EABT (Exclusive Access for Branch Transaction) dan Gunakan kode transaksi per User.
  2. Setelah fitur EABT (Exclusive Access for Branch Transaction) diaktifkan, pengaturan cabang (branch) di Master Data telah tersedia.
  3. Pilih menu Daftar, pilih Master Data lalu klik Cabang.
  4. Daftarkan nama cabang yang akan disertakan ke dalam sistem. Klik baru, masukkan kode cabang dan nama cabang, lalu klik Simpan dan Keluar.Setelah cabang telah didaftarkan, maka cabang dapat digunakan kepada masing-masing user atau pengguna di daftar user atau pengguna.
  5.  Pilih Menu utama, pilih pengguna lalu klik Tambah Pengguna.Terdapat 3 level pengguna, yaitu : Administrator, Supervisor dan User
    1. Administrator

    Administrator adalah level yang paling tinggi, semua aktifitas yang tersedia dapat dilakukan dan termasuk aktifitas dan kontrol terhadap semua cabang, jadi tidak ada pengaturan cabang di level ini, hanya ada penambahan kode transaksi untuk keperluan transaksi yang dilakukan oleh pengguna level Administrator.

    2.  Supervisor

    Supervisor adalah level dibawah Administrator dan diatas User. Aktifitas di level ini dapat dibatasi dan pengaturan cabang dapat ditentukan beserta kode transaksi-nya.

    3.  User

    User adalah level yang paling bawah. Aktifitas di level ini dapat dibatasi dan pengaturan cabang dapat ditentukan beserta kode transaksi-nya. Terdapat lagi pembatasan di dalam fitur EABT, yaitu izinkan akses transaksi cabang di setiap aktifitas modul-modul di dalam

  6. Klik tombol Baru untuk membuat user atau pengguna baru.
  7. Aktivasi fitur EABT telah selesai sampai dengan pendaftaran user atau pengguna baru yang disertakan dengan cabang dan kode transaksi masing-masing. Semua cabang dan rinci nya dapat dilihat kembali di daftar cabang.
Pilih menu Daftar, pilih Master Data lalu klik Cabang.

Keterangan pada gambar diatas adalah tampilan pada daftar Cabang secara rinci setelah semua user atau pengguna telah didaftarkan.

Jika di klik cabang Jakarta, maka sebelah kanan di daftar pengguna-nya akan menampilkan pengguna di cabang Jakarta, begitu juga jika klik cabang Bandung, maka akan menampilkan pengguna di cabang Bandung.

Jika user atau pengguna yang tidak mempunyai cabang, akan ditampilkan pada bagian kolom daftar pengguna induk.

Tutorial EABT (Exclusive Access for Branch Transaction)

 

— Cabang Jakarta (JKT)

Ket :

Sesuaikan hak akses masing-masing pengguna dengan memperhatikan Masuk Sebagai (untuk login), Nama, Level Pengguna, Cabang, Kode Transaksi (Cabang), Kata Sandi, Modul-modul yang diberikan hak akses dan Izinkan Akses Transaksi Cabang.

— Cabang Semarang (SMG)

. . .

Input Sales Invoice oleh pengguna : Admin Jakarta – 2

 

Ket :

Saat membuat Sales Invoice oleh Admin Jakarta – 2, nampak nomor kode otomatis “ADM-JKT2” disambung dengan kode Sales Invoice-nya.

— Daftar Sales Invoice oleh Admin Jakarta – 2

Ket :

Daftar Sales Invoice menampilkan transaksi yang dibuat oleh Admin Jakarta – 2, sesuai dengan hak akses yang diberikan, daftar yang ditampilkan hanya transaksi yang dibuat oleh Admin Jakarta – 2 dan semua transaksi yang se-cabang, karena juga diberikan “Izinkan Transaksi Cabang”. Transaksi yang tidak dapat ditampilkan adalah transaksi yang dibuat oleh Administrator dan pengguna dengan cabang yang berbeda.

— Daftar Sales Invoice oleh Admin Semarang – 2

Ket :

Daftar Sales Invoice tidak menampilkan transaksi, walaupun ada transaksi Sales Invoice yang dibuat dibuat oleh Admin Jakarta – 2. Daftar tidak ditampilkan karena Admin Semarang – 2 dan Admin Jakarta – 2 berbeda cabangnya.

— Daftar Sales Invoice oleh Administrator

 

Ket :

Daftar Sales Invoice menampilkan semua transaksi yang dibuat oleh semua pengguna karena Administrator adalah tingkatan yang paling tinggi hak aksesnya.

. . .

Bagaimana cara memodifikasi laporan ?

Cara Memodifikasi Laporan

Laporan merupakan hasil akhir yang di hasilkan oleh software akuntansi yang nantinya akan umumnya menjadi informasi laba rugi perusahaan. Setiap perusahaan memiliki laporannya sendiri – sendiri tergantung dari kebutuhan dan jenis usaha, lalu bagaimana memodifikasi laporan pada Easy Accounting?

Berikut Tutorial cara memodifikasi laporan sehingga dapat menyajikan laporan yang di inginkan.

  • Pertama-tama buka laporan pada aplikasi easy accounting dan pilih laporan yang di inginkan (contoh: laporan neraca (standart) ).edit-laporan-1
  • Kemudian klik tombol Menu modifikasi pada pojok kiri menu modifikasi-buttom
  • Jika sudah akan terdapat menu untuk memodifikasi laporan yang seperti anda inginkanpilihan-menu

Maka silakan memodifikasi laporan sesuai kebutuhan anda, berikut keterangan dari menu modifikasi Tersebut

Columms : Berfungsi untuk menambahkan variable laporan yang belum tersedia di default laporan tersebut
filter & parameters : Untuk memfilter sesuai periode yang di inginkan
groups : Untuk mengruping laporan berdasarkan kategori yang diinginkan dan tersedia
Number : Mengatur format laporan yang berkaitan dengan angka
Header/ footer : Mengubah informasi header laporan,judul dan halaman laporan
Setup/Fonts : Untuk Mengatur jenis font laporan
Analysis : Untuk menampilkan laporan dala bentuk table

Sekian

Bagaimana cara mengedit template (rancangan formulir) ?

Bagi anda setiap perusahaan biasanya memiliki rancangan dan desain sendiri untuk invoice dll, berikut tutorial cara mengedit template tersebut :

  • Buka Easy Accounting dan login seperti biasa.
  • Kemudian pada menu Laporan pilih Rancangan formulir.
  • Lalu tipe template yang ingin di edit kemudian klik tombol ubah tipe-template
  • lalu edit form apa saja yang akan di munculkan pada invoice:
  • Header : Mengedit judul invoice
  • Additional Header : Edit settingan invoice seperti tagihan kemana, tgl ,nilai tukar dll.
  • Detail : setting no barang, diskon, pajak dll.
  • kuantitas : mengedit jumlah
  • Footer : mengedit kaki invoice
  • Company : mengedit informasi perusahaan seperti logo dll.
  • Jika sudah di setting maka selanjutnya masuk ke menu desain, disini anda bisa menggeser posisi header menu dll sesuai selera perusahaan.menu-geser
  • Jika sudah kelik simpan dan keluar.
  • Selesai.

Bagaimana cara menggunakan Easy Mobile ?


Tutorial Sinkronisasi EAS Mobile G1


about2
Langkah pertama adalah menyambungkan EAS Mobile dengan komputer server.
1. Proses penambahan PORT pada modem internet anda
pertama – tama anda harus mengetahui ip internet di komputer anda, dengan cara :
klik START ketikcmd” di kolom search seperti pada gambar di bawah ini.

 

kemudian apabila commant promt (cmd) sudah terbuka ketik kan “ipconfig” tanpa tanda kutip  kemudian tekan ENTER, Dan akan muncul gambar seperti di bawah ini.

 

Catat IP internet yang di dalam kotak merah. IP anda adalah :  192.168.2.109. Kemudian daftarkan port baru di modem (contoh: TP-LINK) internet anda, dengan memasukan kode service port 3010 dan masukan 3 angka terakhir IP Address anda 109  kemudian centang kotak enable seperti gambar di bawah ini.

 

2. Proses aktifasi Fitur EAS Mobile Service.

kemudian pada buka software EAS 3 Accounting di komputer anda, pada menu ALAT BANTU – pilih EAS Mobile.

 

Keterangan:

– Masukan IP Address yang anda catat pada no.1

– Masukan port yang baru di daftarkan tadi yaitu 3010 pada no.2

– Pilih tombol aktifkan EAS Mobile service pada no.3

 


3. Proses setting IP dan PORT di perangkat android.

Langkah berikutnya open link www.whatmyip.co.id kemudian catat Ip yang tercantum dalam kotak merah pada gambar di bawah ini.

 

Selanjutnya open EAS Mobile yang sudah ter-install di perangkat android anda

– Pada menu utama klik SYNC.

– Masukan IP Address yang anda catat dari website www.whatismyip.com.

– Kemudian masukan juga Port yang sudah anda daftarkan pada modem anda yaitu 3010.

– Kemudian klik Connect.

– Tunggu sampai proses sincronisasi selesai.

 


4. Proses pengaturan perpindahan data ke android

Berikutnya pada layar komputer anda akan ada konfirmasi android anda sudah terkoneksi bertulisan READY pada tanda no.1yang berarti anda sudah dapat mengambil data dari pc server ke android anda.

 

Kemudian klik sinkroniasasi desktop mobile dan akan muncul gambar seperti di bawah ini.

 

Selanjutnya

– Centang pilih semua pada tanda no.1 (mengirim semua pelanggan ke android)

– Centang pilih semua pada tanda no.2 ( mengirim semua informasi tentang stok barang anda)

– Pilih perangkat pada tanda no.3 ( pilih perangkat android via IP)

– Klik Sinkronisasi pada tanda no .4 (proses pemindahan informasi ke android)

 


5. Proses pengiriman data

Tunggu proses pemindahan data akan seperti pada gambar di bawah ini.

    
Setelah selesai dan itu berarti proses pemindahan data dari PC server anda ke perangkat android sudah selesai.

Bagaimana cara menggunakan support via teamviewer ?

Cara Teamviewer dengan Support

Saya akan memberikan tips cara Teamviewer dengan Support

  • Klik Bantuan
  • Klik`Quick SupportNew Picture
  • Klik`No
  • Lalu dibawah akan muncul logo teamviewer
  • Klik logo tersebutNew Picture (1)
  • Jika ingin teamviewer telpon dulu`ke support lalu sebutkan ID dan Pasword yang tertera dalam Quick Support

Bagaimana backup dan restore database ?

Berikut ini tutorial bagaimana membackup dan merestore database yang ada pada software akuntansi easy accounting.

BACKUP

  1. Buka Aplikasi Easy accounting.
  2. Pilih menu Alat Bantu lalu pilih Backup.
  3. Kemudian apabila menu Backup sudah terbuka ganti File Of Type menjadi All Files, kemudian pilih database yang ingin kita backup yang berektensi .EASY. jika sudah lalu pilih open.
  4. pilih Kemudian lanjut pilih ya, tunggu hingga proses selesaisukses-backup

RESTORE

  1. Buka aplikasi easy accounting
  2. Sebelum login Pilih menu Restore Data (Mengembalikan Data).restore-capture
  3. Kemudian di menu restore from tarik data dimana lokasi database kita di simpanrestore-choice
  4. Jika sudah hapus ekstensi .EASYB pada nama database tersebut , contoh SAMPLE.EASY.EASYB menjadi SAMPLE.EASY saja.ending-choice
  5. Lalu klik ya tunggu hingga selesai. jika sudah silakan login dan database bisa di gunakan.done-restore
  6. Selesai

ASK ME

Tanyakan apa yang ingin anda ketahui kepada kami?