Cara Meningkatkan Penjualan di Situasi Pandemi Covid-19

Tahun 2020 kemarin dunia diguncang dengan pandemi Covid-19 yang membuat berbagai aspek terpengaruh, salah satunya ekonomi. Dan dunia bisnis dan usaha juga tak luput dari efek pandemi Covid-19 dan mau tak mau harus berjuang lebih keras untuk bisa survive. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mengatur ulang strategi dan cara meningkatkan penjualan di tengah pandemi.

Ada beberapa hal yang bisa diusahakan untuk mendongkrak penjualan produk di situasi seperti ini. Berikut beberapa tip yang bisa Anda contoh.

1. Evaluasi Ulang Produk dan Penawaran Agar Selalu Relevan

Selama setahun ke belakang bisa dilihat bahwa pola hidup masyarakat telah berubah secara signifikan. Hal ini tentu harus dicermati oleh pelaku usaha, sehingga produk mereka tetap relevan dengan situasi dan kebutuhan pelanggan. Usahakan agar produk dan layanan Anda sesuai dengan kebutuhan di saat ini. Misalnya, mengubah dan memodifikasi produk sesuai standar kesehatan.

2. Buat Rencana untuk Masa Depan

Meski ada dampak negatif dari pandemi, tetapi ada pelajaran yang bisa diambil dari kejadian tersebut. Salah satunya terkait dengan perencanaan usaha. Dulu mungkin sedikit dari kita yang menyadari pentingnya mempunyai rencana jangka panjang dan rencana darurat untuk bisnis. Dengan rencana jangka panjang dan rencana darurat jika suatu saat kembali terjadi fenomena tak terduga bisnis kita akan relatif lebih aman karena punya rencana darurat.

3. Lebih Fokus ke Penjualan Online

Tren belanja online semakin marak di saat pandemi, apalagi dengan adanya protokol kesehatan yang membatasi interaksi antar manusia. Nah, manfaatkan tren ini untuk lebih fokus berjualan secara online. Bisa dengan membuat website sendiri maupun membuka official store di beberapa market place yang ada. Selain berjualan produk secara online, lakukan juga promosi di internet dan media sosial agar produk dan merek yang Anda miliki makin dikenal masyarakat.

Cara meningkatkan penjualan di saat pandemi di atas bisa Anda terapkan di bisnis Anda. Selain tip di atas, gunakan pula software akuntansi di bisnis Anda agar pemasukan dari penjualan bisa dicatat dan dikelola tanpa adanya kesalahan.

Anda bisa mempercayakan urusan keuangan usaha Anda kepada software akuntansi Easy System yang telah terbukti dan digunakan banyak perusahaan di Indonesia. Untuk informasi, penawaran spesial, maupun demonstrasi produk silakan langsung hubungi (021) 225 451 83 atau 0838 7717 7119 (WhatsApp).