Cara Menggunakan Fitur Uang Muka / Down Payment Penjualan melalui Pesanan Penjualan / SO

Berikut langkah-langkah mencatat Uang Muka atau Down Payment penjualan dari modul Pesanan Penjualan (SO) ;

  • Buat Pesanan Penjualan (SO) dari menu Jalan Pintas  >  Penjualan > Pesanan Penjualan atau dari menu Daftar > Penjualan > Pesanan Penjualan > Klik Baru (New), kemudian input informasi  transaksi berikut barang yang dipesan oleh pelanggan (customer).
  • Untuk menginput uang muka / DP di form transaksi tersebut silahkan klik tombol Uang Muka / Down Payment. Secara otomatis nanti akan membuat Faktur Penjualan / Sales Invoice dengan catatan di preferensi untuk akun uang muka penjualan sudah diisi. Jika belum diisi maka akan muncul notifikasi “Akun Uang Muka Penjualan belum ada di preferensi!” , oleh sebab itu di menu preferensinya  setting terlebih dahulu, di  akun standar mata uang untuk kolom akun uang muka penjualan diisi akun penampungnya. Biasanya akan tersebut diset ke Uang Muka Penjualan / Advance Sales dengan tipe Hutang Usaha / Account Payable yang ada di daftar akun.
  • Untuk mencatat  penerimaan Uang Muka / DP silahkan cek di form Penerimaan Penjualan / Sales Receipt. Silahkan ceklist dikolom bayar untuk invoice DP yang dibuat tadi lalu simpan dan keluar.
  • Jika di kemudian hari Pesanan Penjualan / SO tadi akan diproses ke Pengiriman Barang  / DO ataupun Faktur dari Pengiriman Barang  Sales Invoice from DO / Sales Invoice / SI , maka tarik SO tadi ke DO lalu ke Faktur dari Pengiriman Barang atau SO ke Faktur Penjualan langsung maka di fakturnya nilai uang muka akan terbawa sehingga nilai terutangnya nanti otomatis sudah dikurangi uang muka yang diterima.
  • Apabila nilai faktur sama dengan nilai uang muka / DP maka   faktur penjualan tidak akan muncul lagi di inputan  Penerimaan Pelanggan saat memilih pelanggan yang bersangkutan karena faktur sudah lunas dengan DP yang diterima.

     

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.