Cara Mencegah Fraud Agar Keuangan Perusahaan Makin Aman

Dalam mengelola bisnis ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pebisnis. Salah satunya adalah fraud atau kecurangan, yang tentunya sangat tidak diinginkan namun masih bisa terjadi. Untuk itu, akan kami bahas secara tuntas segala sesuatu tentang fraud, mulai dari definisi, jenis, hingga cara mencegah fraud atau kecurangan agar tidak terjadi di dalam perusahaan.

[toc]

Definisi Fraud

Pengertian atau definisi fraud adalah adalah perbuatan-perbuatan yang melawan hukum yang dilakukan dengan sengaja untuk tujuan tertentu (manipulasi atau memberikan laporan keliru terhadap pihak lain) dilakukan orang orang dari dalam atau luar organisasi untuk mendapatkan keuntungan pribadi ataupun kelompok yang secara langsung atau tidak langsung merugikan pihak lain.

Jenis Kecurangan/Fraud

Untuk mengetahui cara mencegah fraud, pertama harus dipahami terlebih dahulu apa saja jenisnya. Kecurangan dapat terjadi dalam banyak aktivitas di perusahaan. Seringkali kecurangan-kecurangan ini tersembunyi dalam aktivitas atau transaksi resmi perusahaan. Berikut adalah beberapa kecurangan yang banyak terjadi di perusahaan:

  • Pembelian pribadi: Modus yang biasa digunakan dalam kecurangan ini adalah menggunakan dana perusahaan untuk membeli barang/jasa untuk kepentingan pribadi.
  • Pencurian aset: Mengambil aset kantor, barang dagangan, atau aset perusahaan lain untuk dijual dan hasilnya masuk ke kantong pribadi.
  • Pembayaran palsu: Cara yang paling sering dipakai yaitu dengan memalsukan invoice, entah itu angkanya sudah dimanipulasi atau tidak ada barang/jasa yang dibeli.
  • Pencurian data & identitas: Pencurian data bisa dilakukan oleh pihak internal maupun luar. Tujuannya tentu mendapatkan data dan identitas yang berkaitan dengan akses ke kas, kartu kredit, rekening, dan data penting perusahaan lainnya.
  • Kecurangan kompensasi: Perusahaan biasanya menanggung dampak kesehatan atau kecelakaan kerja para pekerjanya. Namun, kita tidak pernah tahu bahwa ada saja orang atau pihak yang mencari celah dari sistem kompensasi di atas. Ada beberapa kasus di mana seseorang memalsukan cedera atau sakit demi mendapatkan kompensasi dari perusahaan tempatnya bekerja.

Tip Mencegah Fraud di Perusahaan

1. Melakukan Pembagian Tugas di Bidang Akuntansi

Perusahaan berskala menengah atau UMKM biasanya hanya menugaskan 1 orang untuk mengurus semua hal yang terkait akuntansi seperti pembayaran, invoice, mengurus kas, dan tugas lain. Hanya memiliki 1 orang untuk mengurus keuangan sangatlah riskan. Untuk itu paling tidak harus ada 2 orang di bagian akuntansi. Selain nanti bisa berbagi tugas dan keduanya akan bisa saling mengawasi sehingga risiko kecurangan jadi lebih kecil.

2. Tingkatkan Keamanan Digital

Para pelaku kecurangan kini juga telah menggunakan teknologi untuk melancarkan aksinya, mereka biasa disebut sebagai scammer, cracker, atau hacker. Bermodalkan internet dan perangkat komputer mereka bisa meretas dan mencuri data perusahaan dalam sekejap. Untuk melindungi perusahaan dari serangan digital, tingkatkan keamanan digital perusahaan Anda. Langkah ini bisa dimulai dengan memilih software yang punya keamanan baik, jaringan internet yang aman, dan memastikan seluruh karyawan sadar akan keamanan digital saat bekerja.

3. Pelatihan Karyawan

Sebelum merekrut karyawan alangkah baiknya jika sampai detail latar belakang dan track record di perusahaan lama. Setelah diterima sebagai karyawan, mereka juga harus dibekali dengan pelatihan tentang disiplin plus kejujuran. Tidak lupa bekali mereka tentang apa itu fraud dan bagaimana praktiknya, sehingga para karyawan tersebut bisa tahu jika ada fraud di perusahaan. Beri juga rasa aman dan nyaman kepada karyawan agar mereka tidak tergoda untuk melakukan fraud.

4. Lakukan Review Keuangan Bulanan

Tidak ada kata terlalu berhati-hati saat mengatur dan mengurus keuangan perusahaan. Meskipun bidang akuntansi sudah diurusi minimal 2 orang yang sudah diberi pelatihan anti fraud, tetap lakukan review bulanan. Dengan melakukan review bulanan akan mengurangi risiko fraud dan kesalahan pembukuan.

Lakukan tip di atas agar usaha Anda makin maju. Untuk keamanan keuangan perusahaan, Anda bisa memakai software akuntansi. Anda bisa mempercayakan urusan keuangan usaha Anda kepada software akuntansi Easy System dan produk-produknya seperti Easy 6, Easy Mobile, beserta Easy Cloud yang telah terbukti dan digunakan banyak perusahaan di Indonesia. Untuk informasi, penawaran spesial, maupun demonstrasi produk silakan langsung hubungi (021) 225 451 83 atau 0838 7717 7119 (WhatsApp).