Cara Hemat Pengeluaran untuk Menghadapi Masa Sulit karena Pandemi Corona

Mengelola uang di tengah pandemi corona menjadi tantangan tersendiri. Sebab saat ini banyak pekerja yang dirumahkan atau berkurang pendapatannya. Untuk menyiasatinya tentu perlu dilakukan beberapa perubahan. Berikut ini adalah beberapa cara hemat pengeluaran yang cocok untuk diterapkan di saat pandemi Corona ini.

1. Membuat Anggaran

Dalam situasi yang sulit dan serba terbatas akan sangat bermanfaat jika kamu buat rencana pengeluaran bulanan. Pastikan hanya kebutuhan saja yang dimasukkan ke dalam, singkirkan hal-hal yang kurang dan tidak penting dari catatanmu. Dari anggaran ini, kamu bisa tahu berapa besar sih pengeluaran bulananmu.

Jangan cuma dicatat saja ya? Terapkan rencana anggaran tersebut ke dalam tindakan nyata. Yang paling penting, gunakan catatan tersebut sebagai acuan. Jika tidak ada di dalam anggaran, berarti kamu tidak perlu membelinya. Selalu ingat untuk disiplin terhadap anggaran tersebut. Pada awalnya memang akan terasa sulit, tetapi bila sudah sering dilakukan tentu kamu akan terbiasa.

2. Kurangi Makan di Restoran

Salah satu anggaran yang bisa dikurangi adalah makan, apalagi jika kamu sering banget jajan dan makan di luar. Saat makan di restoran atau gerai makan cepat saji biasanya menghabiskan biaya sekitar 50 ribu rupiah untuk sekali makan. Biaya ini bisa kamu tekan dengan cara memasak sendiri di rumah. Dengan uang 50 ribu rupiah mungkin bisa kamu belanjakan untuk keperluan makan hingga 2 hari. Sangat jauh bedanya bukan?

Jika kamu tidak bisa memasak, masih ada cara lain untuk menghemat biaya makanmu. Makanlah di warung-warung yang ada di sekitarmu. Toh, banyak sekali makanan di warung yang tidak kalah enak tapi harganya jauh lebih murah. Dengan makan di warung sekitar, secara tidak langsung kamu juga berperan menggerakkan ekonomi lokal.

3. Mengurangi Ngopi

Kebiasaan ngopi-ngopi cantik/ganteng di kedai kopi yang fancy sudah menjadi gaya hidup kalangan pekerja di kota-kota besar. Ternyata ngopi berperan besar dalam menguras gaji kita jika dilakukan dengan frekuensi yang sering. Bayangkan saja jika kita tiap hari nongkrong di kedai kopi dan minum segelas kopi yang harganya 20 ribu rupiah ke atas.

Kurangi kebiasaan ngopi ini dan alihkan dananya untuk keperluan lain yang penting. Jika tetap mau ngopi, lebih baik kamu beli dalam bentuk bubuk atau biji kopi dan menyeduhnya di rumah. Dengan cara ini, kamu sudah bisa menghemat banyak uang.

4. Potong Biaya Hiburan

Kebutuhan akan hiburan di kala pandemi Corona penting untuk menjaga mood dan pikiran tetap fresh. Namun, bukan berarti kita harus menambah pengeluaran untuk pos ini. Kalau kamu berlangganan aplikasi berbayar seperti Netflix atau Spotify, mungkin bisa berhenti berlangganan dulu. Utamakan hiburan yang sifatnya gratis dulu misalnya membaca buku, bermain game di ponsel, atau copy film dari teman.

Terapkan cara di atas untuk menghemat pengeluaran bulananmu secara signifikan. Selain langkah di atas yang bisa kamu lakukan adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran secara detail. Untuk urusan ini kamu bisa mengandalkan Easy Accounting System, apalagi jika kamu punya usaha. Dengan Easy, pencatatan hingga laporan keuangan pribadi maupun perusahaan bisa jadi rapi.

Jika ingin mengetahui lebih banyak tentang Easy Accounting System bisa langsung menghubungi tim marketing kami di nomor 0838 7717 7119. Demikian informasi singkat dan ringan yang bisa kami berikan. Stay safe and healthy.