Cara Pintar Belajar Akuntansi Sederhana

Melihat buku akuntansi, mendengar kata akuntansi atau bahkan berbicara tentang akuntansi pastinya sudah tidak  merasa asing bukan? Khususnya untuk teman-teman yang di sekolah sebelumnya mengambil jurusan akuntansi apalagi yang sudah kuliah menempuh jurusan ekonomi akuntansi. Bisa jadi ini merupakan mata pelajaran/kuliah yang sudah menjadi makanan sehari-hari.

Sebenarnya, tidak bisa dibilang bahwa bidang keilmuan akuntansi itu menyenangkan atau sebaliknya. Keilmuan akuntansi juga bisa dibilang kadang juga membuat kepala pening atau rumit. Lumayan ribet dan sulit untuk masuk di akal. Untuk mereka yang sudah menyerah sebelum mau berusaha lebih keras dalam memperdalam keilmuan akuntansi pasti sudah berpikiran bahwa. ya tentu saja sudah jelas bahwa akuntansi itu susah dan sangat rumit untuk itulah mereka banyak berusaha mencari solusi dan informasi dari internet, bagaimana untuk mengobati rasa penasaran mereka agar bisa pintar akuntansi atau mungkin bisa lebih mudah untuk mempelajari akuntansi itu benar kan?

Ya memang tidak salah mencari informasi solusi/cara dari internet. Namun tetap berhati-hatilah teman, agar tidak terjebak dari informasi internet yang tidak bertanggungjawab. Bisa-bisa bukan solusi yang didapat, justru malah kepala semakin pusing dengan informasi dari blog atau artikel yang malah semakin menyesatkan. Sebenarnya jika ingin menggali informasi dari internet lumayan gampang-gampang susah. Namun jika Anda jeli pastinya akan tahu mana artikel yang solusi dan mana yang artikel menyesatkan. Keduanya memang tampak samar-samar tetapi jika Anda jeli maka akan segera tahu bedanya.

Berikut ini merupakan beberapa tips belajar akuntansi sederhana yang bisa Anda coba.Ya sebenarnya tidak butuh kecerdasan super agar bisa menguasai  akuntansi akan tetapi keinginan untuk mau berusaha belajar atau suka pelajaran/mata kuliah akuntansi. Untuk itulah, akan kami bagi tips ini agar menghapus mindset bahwa belajar akuntansi itu membingungkan dan ribet sekali.

Ingin tahu apa saja tips belajar akuntansi sederhana? langsung saja, mari silahkan dibaca baik-baik.

1. MEMAHAMI TERLEBIH DAHULU APA ITU BASIC AKUNTANSI

Iya benar sekali, alangkah sangat baiknya jika Anda berusaha memahami terlebih dahulu apa itu basic Akuntansi. Berusaha menganggap akuntansi itu seperti sebuah ilmu permainan yang menarik, bukan sebagai sesuatu yang “terpaksa” untuk dipelajari, anggap saja seperti game ya namun bukan sembarang game, melainkan game logika keuangan. Untuk itulah apapun saat ini posisi Anda, tidak jadi masalah, entah Anda masih duduk di bangku pelajar, sudah memasuki dunia kuliah atau bahkan sudah tamat menyelesaikan tingkat pendidikan S1 dan sudah bekerja di lingkungan akuntansi perusahaan, tentu tidak ada kata terlambat untuk mulai belajar lagi tentang akuntansi.

Selalu kembangkan keinginan dan niat Anda untuk bisa benar-benar pintar dalam akuntansi, tanamkan sikap dalam diri sendiri saya percaya saya bisa untuk melakukannya! percayalah tidak ada yang mustahil.

2. KEILMUAN AKUNTANSI ITU SEBENARNYA KITA SEOLAH-OLAH ADALAH PENGUSAHA SUNGGUHAN

Jadi yang lebih utama kita harus memakai logika apalagi jika harus membahas tentang perusahaan dagang, buatlah seolah diri kita adalah seorang wirausahawan dalam bidang perdagangan. Wah itu yang paling menyenangkan bukan? ada retur, terdapat jurnal, buku besar, buku besar pembantu, persediaan, ada berbagai macam metode-metoe yang digunakan untuk menghitung persediaan, enak kan! Jika memang kita sendiri adalah ownernya yang sejak awal sudah ada niat untuk mempelajarinya tanpa harus disuruh bapak guru atau dosen, biarkan diri Anda sendiri yang mencari jawaban atas apa yang belum Anda tahu tentang semua itu.

Yang perlu untuk diingat adalah: ilmu itu akan semakin lebih bertahan lama jika kita sendiri yang memperluasnya. Tentu terdapat rasa kepuasan tersendiri jika kita bisa mengetahui sesuatu yang belum pernah kita tahu sebelumnya. Bisa jadi lebih tahu karena kita sering-sering membaca atau praktek sendiri, learning by doing itulah maksudnya.

3. MEMULAI DENGAN RUMUS SEDERHANA DASAR AKUNTANSI (DEBET KREDIT)

belajar akuntansi sederhana - debit kredit

Pastikan untuk tahu itu dulu, jadi yang paling utama sebenarnya adalah penggunaan logika rumus akuntansi tadi, misalnya saja akun harta, hutang, modal, pendapatan dan beban, Anda harus hafal tentang semua itu. Jangan malah terbalik.

  • akun harta/aset sudah pasti nomor 1 dalam urutan akun.
  • Sedangkan hutang sudah pasti berada dalam urutan akun nomor 2 dan seterusnya sampai pada akun beban nomor pastinya adalah nomor 5.

Nah setiap urutan itu jangan sampai Anda lupakan, ketahui juga setiap masing-masing anak cucu nya dari harta ini. Misalnya: kas (harta yang paling lancar), ada lagi, akun piutang dan piutang-piutang lainnya (nah itu kan termasuk dalam kategori harta, namun disebut sebagai harta lancar namanya). Seperti itu seterusnya, carilah tahu  dengan banyak membaca buku tentang akuntansi atau dengan browsing dari internet segala apa yang belum Anda ketahui. Sudah bisa dipastikan, pengetahuan yang Anda dapetkan dengan sendirinya itu akan bertahan diingatan jauh lebih lama bahkan sampai saat Anda lulus dari sekolah SMK/SMEA atau S1. Jadi tidak harus mengikuti les akuntansi agar bisa lebih pandai tentang akuntansi.

4. SERING-SERINGLAH DALAM MENGERJAKAN SOAL-SOAL AKUNTANSI

belajar akuntansi mudah - test

Langkah selanjutnya setelah mempelajari rumus-rumus sederhana akuntansi, maka selanjutnya adalah implementasikan rumus-rumus tersebut kedalam bentuk pengerjaan soal-soal akuntansi. Terserah Anda untuk soal tema apa saja, entah itu contoh soal tentang perubahan modal, atau mungkin lebih mengarah kepada teori seperti contoh soal akuntansi tentang sistem informasi. Terserah Anda, apapun soal itu yang terpenting adalah Anda harus suka dengan banyak latihan soal akuntansi. Ingatlah selalu “practice makes perfect/semakin banyak latihan akan membuat semakin sempurna kemampuan Anda”.

5. JANGAN PERNAH MERASA RAGU UNTUK BERTANYA KEPADA YANG LEBIH PINTAR TENTANG AKUNTANSI

belajar akuntansi mudah - bertanya pada ahli

Jika ingin mempelajari sesuatu harus lebih sering bertanya kepada yang lebih pintar akan sesuatu yang ingin kita pelajari bukan? Seperti bertanya kepada seorang dosen/guru atau yang sudah pernah praktek langsung di lapangan, seperti konsultan accounting atau auditor lapangan misalnya.

Nah, itulah cara pintar belajar akuntansi sederhana, jangan lupa baca artikel di dalam situs ini.

Untuk Informasi Lebih Lanjut mengenai Software Akuntansi EASY atau Download Gratis dan Demo Software EASY di Kantor Anda, Silahkan Menghubungi:

Novi Yanirahmawati

SMS : 0838-771-77119
Email : marketing@easyaccountingsystem.co.id

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.