Baca Tip Berikut Sebelum Memilih Supplier untuk Usaha

Memiliki usaha yang maju dan berkembang adalah dambaan setiap pebisnis. Namun, bisnis yang sukses itu tidak bisa didapatkan begitu saja. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan usaha yang maju. Misalnya saja mengelola keuangan, merancang rencana bisnis, dan melakukan promosi. Hal lain yang bisa dilakukan adalah memilih supplier yang bagus untuk bisnis Anda.

Kedengaran sepele memang, tetapi jangan salah dari pemasok yang bagus usaha Anda bisa mendapatkan beberapa keuntungan. Nah, berikut ini akan kami berikan beberapa tip untuk memilih supplier baik untuk Anda yang baru memulai usaha maupun ingin mencari pemasok baru.

1. Tentukan Kriteria Pemasok

Sebelum mencari pemasok, tentukan kriteria pemasok seperti apa yang Anda inginkan. Jadi, ketika nanti sudah mencari dan memilih bisa langsung dicocokkan mana yang paling pas untuk bisnis Anda. Berikut adalah beberapa kriteria pemasok yang bagus:

  • Punya mutu produk yang berkualitas.
  • Waktu proses pemesanan cepat.
  • Punya kebijakan retur.
  • Komunikasi lancar.

2. Mencari Supplier

Salah satu cara mencari pemasok di masa ini adalah melalui internet atau secara online. Bisa dengan Googling atau ke market place. Dari situ Anda bisa mencari tahu tentang calon pemasok, apalagi di internet juga bisa dicari ulasan atas pemasok-pemasok tersebut. Setelah mendapatkan satu pemasok yang dirasa cocok, segera hubungi untuk membicarakan detail-detail lainnya.

3. Cari Pemasok dengan Harga Terbaik

Bagi yang baru memulai usaha, salah satu pertimbangan utama dalam mencari pemasok adalah harga. Cari pemasok dengan harga terbaik untuk suatu produk. Yang perlu diingat adalah harga terbaik itu tidak sama dengan harga murah. Jadi, cari supplier dengan value for money paling baik yaitu yang harganya bersaing namun mutu dan servisnya bagus.

4. Kehandalan

Pemasok yang handal adalah yang mempunyai manajemen waktu yang baik. Jadi, ketika kita memesan barang tanggal pengiriman hingga kita terima sudah jelas dan tidak ada keterlambatan. Pemasok yang handal biasanya adalah yang sudah lama berada di bisnis dan sudah punya sistem plus jaringan yang kuat.

5. Lokasi Pemasok

Lokasi pemasok juga harus diperhatikan, jangan sampai hanya mencari harga murah saja tetapi lokasinya sangat jauh. Jauhnya lokasi bisa mempengaruhi waktu kirim produk dan risiko keterlambatan lebih tinggi. Jika ada supplier lokal dengan reputasi yang bagus dan handal, maka supplier tersebut bisa menjadi prioritas Anda.

Demikianlah tip memilih supplier yang bisa diterapkan untuk perusahaan. Bagi Anda perusahaan yang ingin keuangannya tetap rapi dan teratur di saat seperti ini bisa mengandalkan software akuntansi Easy Accounting System. Dengan EASY Anda bisa mengatur keuangan baik dari kantor maupun saat bekerja dari rumah, sebab software Easy Accounting System bisa disetting agar bisa diakses secara online.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak seputar Easy Accounting System bisa langsung menghubungi tim marketing kami di nomor 0838 7717 7119. Demikian informasi singkat dan ringan yang bisa kami berikan.